PENDAMPINGAN MASYARAKAT DAN PELAKU UMKM DALAM PENERAPAN DIGITAL MARKETING DI KAMPUNG DAYANG SURI

Isna Rahma Dini, Ririn Virintia Mukti, Salhira Ramadhani, Zulfita Sari

Abstract


Digital marketing adalah salah satu cara untuk memasarkan atau memperkenalkan barang dan jasa yang kita miliki dengan mudah kepada para calon pelanggang dan tidak perlu mengeluarkan tenaga yang ekstra. Strategi pemasaran ini cukup menggunakan smartphone dan internet. Digital marketing dapat dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan daya beli konsumen. Tim kukerta Universitas Riau Balek Kampung Dayang Suri Tahun 2022 melakukan suatu kegiatan untuk menunjang pendapatan masyarakat Kampung Dayang Suri. Mengingat dan menimbang teknologi semakin canggih di era generasi Z ini maka metode yang digunakan adalah dengan memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM berupa materi mengenai digital marketing. Kegiatan pelatihan ini bertujuan agar masyarakat di kampung ini mampu bersaing dengan pebisnis dari luar daerah dalam meningkatkan pendapatan penjualan melalui promosi di media sosial. Penggunaan media sosial sebagai tempat promosi produk sangat berkemungkinan besar berkembang dan mengalami keuntungan daripada produsen yang memasarkan produk dari warung ke warung, sebab mempromosikan produk melalui media sosial akan lebih cepat diketahui oleh konsumen. Dari hasil kegiatan yang diperoleh, disarankan kepada masyarakat sebaiknya penggunaan digital marketing ini dapat ditindaklanjuti dengan pembimbingan secara berkala sehingga lebih efektif dan optimal dalam menunjang kegiatan pemasaran dan meningkatkan penjualan pada usaha UMKM di kampung ini.

Keywords


Digital marketing, product marketing strategy, UMKM.

References


Anggraeni, F. D. (2013). Pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) melalui fasilitasi pihak eksternal dan potensi internal (Studi kasus pada kelompok usaha" Emping Jagung" di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing Kota Malang) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Banjarnahor, A. R., Hariningsih, E., Mathory, E. A. S., Yusditara, W., Fuadi, F., Muliana, M., Watrianthos,R. (2022). Teknologi Digital Kewirausahaan dan UMKM. Yayasan Kita Menulis.

Hartono, B. D., Ahmad Diponegoro, M. S. I. E., & Indra Yuliawan, S. E. (2021). THE ADVANTAGES OF THE MICRO EQUITY MODEL FOR MSME BUSINESS RESILIENCE IN YOGYAKARTA DURING PANDEMIC. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 23(2), 167-176.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.

Rahadjeng, E. R. Inovasi Model Bisnis Meningkatkan Kinerja Digitalisasi UKM. Tranformasi Bisnis Digital, 49.

Umami, Z., & Darma, G. S. (2021). Digital Marketing: Engaging Consumers With Smart Digital Marketing Content. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 23(2), 94-103.

Wardhana, A. (2015). Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV (pp. 327 337).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.8805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: