SOSIALISASI URGENSI MASYAKAT TERHADAP PENGGUNAKAN TEKNOLOGI MENUJU INTERNET SEHAT DI DSA SAHKUDA BAYU, KECEMATAN GUNG MALELA, KABUPATEN SIMALUNGUN

Suendri Suendri, Rafyka Basri

Abstract


Kemajuan teknologi internet dalam berbagai bidang memberikan dampak negatif maupun positif bagi masyarakat. Hampir seluruh kegiatan masyarakat dari kalangan dewasa hingga anak-anak tidak bisa dilepaskan dari peran internet karena kemajuan globalisasi, baik dalam mendapatkan informasi maupun berkomunikasi dengan media sosial. Internet merupakan produk dari era revolusi 4.0. yang memengaruhi hampir semua kegiatan masyarakat, baik perkotaan maupun pedesaan. Internet memiliki banyak fasilitas didalamnya, baik dalam memberikan informasi mendapatkan informasi, dan juga berkomunikasi. Pentingnya pemahaman akan bijaknya dalam menggunakan internet sangat diperlukan dalam masyarakat mengingat dampak negatif yang ditimbulkan dari intenet itu sendiri, terkhusus pada masyarakat desa Sahkuda Bayu yang warganya menikmati fasilitas yang diberikan internet. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi mengenai pentingnya sosialisasi melalui seminar dalam penggunaan internet secara sehat. Diharapkan dengan adanya kajian dan sosialisasi melalui seminar ini masyarakat Sahkuda Bayu lebih bijak dalam menggunakan berbagai layanan internet. Kegiatan sosialisasi dilakukan di Desa Sahkuda Bayu Kecamatan Gunung Malela, Kabupaten Simalungun di balai desa pada hari Rabu 10 Agustus 2022. Metode yang digunakan adalah metode pelatihan, dalam hal ini memberikan keterampilan penggunaan internet secara sehat. Selain metode pelatihan, kegiatan ini menggunakan metode penelitian IDI ( Instruksional Development Institute) yang terdiri atas tiga tahap yaitu perencanaan dan penentuan, pelaksanaan dan pengembangan, dan evaluasi. Tanggapan peserta seminar diperoleh melalui kuesioner yang diberikan setelah proses seminar dilakukan. Adapun tanggapan warga mengenai kegiatan seminar ini yaitu kegiatan sosialisasi mengenai internet sehat di Desa Sahkuda bayu sangat penting untuk warga, karena kegiatan ini memberikan mereka informasi mengenai pentingnya teknologi.

Keywords


internet sehat, teknologi, urgensi, Desa Sahkuda Bayu

References


Ahmad Ulil Albab Al Umar, dkk. (2021). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid -19 (Studi Kasus IAIN Salatiga KKN 2021). E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 39-44.

Asysyifa Rakhmadevi,dkk. (2021). Munculnya tingkat laku Baru Penggunan Internet Pada Masyarakat Desa BroadBand. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 73-82.

Bakhtiar Alldino Ardi Sumbodo, dkk. (2017). Implementasi Teknologi Internet Sebagai Solusi Pengentasan Masalah Komunikasi Di Desa Nyamuk, Kecamatan Karimunjaya, Kabupaten Jepara. Jurnal Indinesian Journal Of Community Engagment, 189-203.

D Hamidin,dkk. (2020). Peningkatan Penggunaan Media Sosial Menggunakan Prinsip Androgogi di Desa Cihanjung. Jurnal Qardhul Hasan; Media Pengabdian kepada Masyarakat, 88-96.

Dwi Setyowati. (2020). Sosialisasi Penggunaan Internet Yang Sehat Dan Aman Untuk PKK RT 19/Rw04 Janturan Yogyakarta. Jurnal Dharma Bakti, 188-195.

Kasmad Kamal, Dkk. (2021). Aksesibilitasi Media Online Pada Masyarakat Pedesaan di Kecamatan Kabupaten Luwu. Jurnal Pekommas, 33-40.

Lindung Parulian Simarmata. (2019). Perkembangan Teknologi Terhadap Desa Terpencil. Jurnal Lex Justitia, 81-87.

Moh. Khasairi, dkk. (2022). Peran Mahasiswa Sebagai Pelopor Moderasi Beragama Di Tengah Keberagaman Masayarakat Indonesia. Jurnal Pengabdian Masyarakat Setiabudhi, 76-81.

Muhammad Naufal Sepriwenda, dkk. (2022). Sosialisasi Internet Sehat Dikalangan Remaja Pada SMP Islam Al Wasatiyah. Jurnal Kreativitas Mahasiswa Informatika , 164-169.

Purnama Sari. (2018 ). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasisi IDI ( INstructional Development Instoitute ). Jurnal SENAR: Seminar Nasionla Royal , 573- 567.

Rinna Rachmatika, dkk. (2020). Sosialisasi Internet Sehat Dan Etika Bermedia Sosial Untuk PKK Griya Indah Serpong. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat Program Studi Teknik Irformatika, 56-62.

salim Korompot, dkk. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Memperomosikan Potensi Daya Saing Desa Topi. Jurnal Sibermar, 283-295.

Sulidar Fitri. (2020). Sosialisasi Berinternet dan Aman Untuk Remaja Di Kecamatan Chindeung Kota Tasikmalaya. Jurnal Abdimasa UMTAS , 24-30.

Sumiati, N. (2019). Pemanfaatan Internet Desa Dalam Pelayanan Publik di Desa Cibogo Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat . Jurnal Ilmu Komunikasi, 218-237.

surya Ade Saputra, dkk. (2021). Sosialisasi Internet Sehat Dalam Menghadapi Era Revolusi industri 4.0 di Desa Tanjung Agung Palik Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia , 671-675.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.8808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: