PENDAMPINGAN PEMBUATAN MODUL PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU SMAN 1 CEPER KLATEN

Iik Nurhikmayati, Astri Wahyuni, Edi Irawan, Dadang Juandi

Abstract


Kurikulum di Indonesia terus berkembang dan mengalami berbagai perubahan termasuk pada perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru dan siswa. Guru perlu aktif dan responsif terhadap perubahan yang terjadi untuk dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan pendidikan saat ini. Banyak guru yang masih mengalami kesulitan untuk dapat menyesuaikan kemampuannya terhadap perubahan ini, diantaranya pada pemahaman dan pembuatan modul ajar kurikulum merdeka. Untuk meningkatkan profesionalisme guru di bidangnya masing-masing, diperlukan sebuah pelatihan berupa pendampingan terhadap guru untuk membantu mengatasi kesulitan yang dialami. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pendampingan pembuatan modul ajar kurikulum merdeka dilaksanakan di SMAN 1 Ceper Klaten, Jawa Tengah. Peserta pelatihan terdiri atas semua guru mata pelajaran di SMAN 1 Ceper. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini mengadaptasi pola pelaksanaan penelitian tindakan (Action Research). Terdapat empat tahapan dalam penelitian tindakan yaitu planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (observasi) dan reflecting (refleksi). Hasil dari kegiatan pendampingan ini diketahui bahwa sebagian besar peserta sangat puas terhadap materi pendampingan dan keseluruhan kegiatan yang diberikan. Sebagian besar peserta mengalami peningkatan pemahaman terhadap pembuatan modul ajar, khususnya modul ajar kurikulum merdeka dan mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang lebih baik berkaitan dengan kurikulum merdeka

Keywords


Pendampingan, Modul, Kurikulum Merdeka, Profesionalisme Guru

References


Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Gava Media.

Hornby, A. S. (2005). Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English (7th ed.). Oxford University Press.

Ismail, M. I. (2010). Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(1), 44–63. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4

Istiandaru, A., Prasetyo, P. W., & Istihapsari, V. (2021). Mathematics literacy skills in pre-service teachers: What could they do? Bulletin of Applied Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 31. https://doi.org/10.12928/bamme.v1i1.3830

Leder, G. C., Forgasz, H. J., & Jackson, G. (2014). Mathematics, English and gender issues: Do teachers count? Australian Journal of Teacher Education, 39(9), 18–34. https://doi.org/10.14221/ajte.2014v39n9.3

Ma’Rufi, Budayasa, I. K., & Juniati, D. (2017). Pedagogical content knowledge: Knowledge of pedagogy novice teachers in mathematics learning on limit algebraic function. AIP Conference Proceedings, 1813. https://doi.org/10.1063/1.4975975

Nawawi, S., Antika, R. N., Wijayanti, T. F., & Abadi, S. (2017). Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Berbasis Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 43, 42–46. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNHPM/article/view/4

Rahdiyanta, D. (2016). TEKNIK PENYUSUNAN MODUL. Artikel.(Online) Http://Staff. Uny. Ac. Id/Sites/Default/Files/Penelitian/Dr-Dwi-Rahdiyanta-Mpd/20-Teknik-Penyusunan-Modul. Pdf. Diakses, 10.

Ratnasari, Y. T. (2019). PROFESIONALISME GURU DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN. Revitalisasi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Era Revolusi Industri 4.0, 235–239. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2020/03/Nur-Amaliyah-Hanum.pdf

Shulman, L. S. (1986). Those who understand .. Shulman (1986). Educational Researcher, 15(2), 4–14.

Yunus, M. (2016). Profesionalisme Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19(1), 112–128. https://doi.org/10.24252/lp.2016v19n1a10




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.8999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: