PENINGKATAN KAPASITAS UMKM BUNGONG JEUMPA DESA LAMPISANG ACEH BESAR MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING PEMBANGUNAN RUMAH PRODUKSI DAN PENDAMPINGAN PERIZINAN P-IRT

Noni Zakiah, Munira Munira, Rasidah Rasidah, Vonna Aulianshah

Abstract


UMKM Bungong Jeumpa Desa Lampisang Aceh Besar merupakan salah satu UMKM yang memproduksi herbal menjadi minuman kesehatan yaitu minuman serbuk Temulawak instan. Saat ini UMKM Bungong Jeumpa memiliki beberapa kendala terutama dalam hal pemasaran, fasilitas produksi dan izin produksi Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT). Tujuan kegiatan Pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman anggota UMKM tentang digital marketing sekaligus membantu UMKM Bungong Jeumpa untuk mendirikan tempat produksi khusus dan mendapatkan izin P-IRT. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah melalui pelatihan digital marketing kepada para anggota UMKM, pembangunan ruang produksi khusus dan pendampingan pengurusan izin P-IRT. Hasil dari kegiatan ini adalah UMKM sudah mampu melakukan pemasaran produk memanfaatkan digital marketing melalui media sosial, telah memiliki ruang produksi khusus yang layak dan memenuhi syarat serta terbitnya sertifikat produksi P-IRT.

Keywords


digital marketing, fasilitas produksi, P-IRT

References


Dian, P., Dewi, R., & Darma, G. S. (2022). Menakar Efektifitas Digital Marketing Via Instagram. Edunomika, 06(01), 83–94.

Epriliyana, N. N. (2019). Urgensi Ijin Keamanan Pangan (P-IRT) Dalam Upaya Membangun Kepercayaan Konsumen Dan Meningkatkan Jaringan Pemasaran. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(1), 21–31.

Gumilang, R. R. (2019). Implementasi Digital Marketing terhadap peningkatan penjualan. Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14.

Kemenkopukm. (2022). Data UMKM. Https://Kemenkopukm.Go.Id/Data-Umkm/?GkbY8fUzzynhowt6XVF2V4RgBLat15SCDKkFQmnvtEdt2i4n80.

Kemenperin, (2010). Pedoman Cara Produksi Pangan olahan Yang Baik No. 75/M-IND/PER/7/2010, Kementerian Perindustrian. www.djpp.depkumham.go.id

Kepala BPOM. (2018). No. Pedoman Pemberian Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga Nomor 22 tahun 2018.

Krisgaharu, T., & Kusuma, B. O. P. (2022). Tingkat Efektivitas Online Marketing Untuk UMKM Semasa Pandemi Covid-19. EXERO : Journal of Research in Business and Economics, 4(2), 207–227. https://doi.org/10.24071/exero.v4i2.5033

Ni’matul Rohmah, N. (2019). Efektifitas Digititalisasi Marketing Para Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Lombok (Analisis Media Equation Theory). Al-I’lam; Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(1).

Sari, T. C., & Triyono, S. (2016). Peran Kemasan Dan Legalitas Dalam Pemasaran Domestik Dan Mancanegara Produk Kuliner Oleh-Oleh Khas Solo. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 3(3), 347–356.

Suprapto, R., Wahyuddin Azizi, Z., & Rembang, S. Y. (2020). Pengaruh Kemasan, Label Halal, Label Izin P-IRT Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UMKM Kerupuk Ikan. In Riset Ekonomi Manajemen (Vol. 3).

Supratman, P. L. (2018). Penggunaan Media Sosial oleh Digital Native. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(1), 47–60.

Suripto, T. (2018). Kajian Literatur Efektifitas Pemasaran Produk dengan Menggunakan Sistim Online Marketing di Era Disruption. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 8(2), 120–128.

UU No.20. (2008). Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Kemenkumham.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.9048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: