PELATIHAN PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS NUMERASI PADA GURU MATEMATIKA SMP UNTUK MENUNJANG ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM

Imam Sujadi, Budiyono Budiyono, Ira Kurniawati, Arum Nur Wulandari, Riki Andriatna, Hanifa Alifia Puteri

Abstract


Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan salah satu pengukuran hasil belajar dalam Asesmen Nasional (AN) yang hasilnya menjadi dasar untuk mengetahui mutu satuan pendidikan. Salah satu penilaian yang dilakukan adalah terkait numerasi. Sebagai bentuk evaluasi yang baru, soal numerasi pada AKM berbeda dengan soal matematika yang diberikan dalam kegiatan pembelajaran, sehingga diperlukan pembiasaan dalam kegiatan pembelajaran. Permasalahan yang dihadapi oleh guru Matematika di Kota Surakarta adalah belum familiar dengan jenis soal AKM sehingga mengalami kesulitan untuk menyusun dan mengembangkan soal numerasi yang akan digunakan dalam pembelajaran di kelas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Tim Pengabdian bekerja sama dengan MGMP Matematika SMP Kota Surakarta menyelenggarakan kegiatan pendampingan guru dalam menyusun soal AKM kelas. Kegiatan ini melibatkan 30 guru matematika SMP dan dilaksanakan dalam 4 tahap meliputi: (1) penyampaian tentang kebijakan pendidikan tentang AKM khususnya tentang numerasi, dilanjutkan tentang brainstorming terkait dengan numerasi; (2) inspirasi penyusunan soal AKM dan penugasan pengembangan soal; (3) review tugas soal yang dibuat peserta dilanjutkan merevisi soal secara silang; dan (4) pengenalan platform asesmenpedia. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa guru mengalami kendala dalam menyusun atau mengembangkan soal numerasi, khususnya dalam menentukan konteks dan level kognitif. Hasil dari kegiatan pelatihan penyusunan AKM diharapkan dapat didiseminasi oleh peserta pelatihan di sekolah masing-masing sehingga lebih banyak guru matematika yang dapat mengambil manfaat dari kegiatan ini.

Keywords


Asesmen Kompetensi Minimum, Konteks, Konten, Level Kognitif, Numerasi

References


Brown, M., Askew, M., Baker, D., Denvir, H., & Millet, A. (1998). Is the national numeracy strategy research based? British Journal of Educational Studies, 46(4), 362–385.

Chandra, T. D., As’ari, A. R., Parta, I. N., Purwanto, & Nasution, S. H. (2021). Pendampingan Penyusunan Soal AKM Numerasi untuk Guru Matematika SMP di Kota Probolinggo. PEDULI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2). https://doi.org/10.37303/peduli.v5i2.336.

Erdem, C. (2019). Introduction to 21st century skills and education. In C. Erdem, H. Bac, & M. Koçyiit (Eds.), 21st Century Skills and Education (pp. 1–20). Cambridge: Cambridge Scholars Publishing.

Hasanah, M., & Hakim, T. F. L. (2021). Analisis Kebijakan Pemerintah pada Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) sebagai Bentuk Perubahan Ujian Nasional (UN). Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(3), 252–260. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna/article/view/344.

Kus, M. (2018). Numeracy. Brock Education Journal, 27(2), 58–62. https://doi.org/10.26522/brocked.v27i2.579.

National Institue for Literacy. (2010). Learning to Achieve: A Review of the Research Literature on Employment Experiences and Outcomes for Youth and Adults with Learning Disabilities. https://lincs.ed.gov/publications/pdf/L2AWorkforceLitReview2010.pdf.

Nurgiyantoro, B., Lestyarini, B., & Rahayu, D. H. (2020). Mapping Junior High School Students’ Functional Literacy Competence. Cakrawala Pendidikan, 39(3), 560–572. https://doi.org/10.21831/cp.v39i3.34061.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2020a). Desain Pengembangan Soal AKM. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2020b). Framework AKM Asesmen Kompetensi Minimum. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan.

Pusat Asesmen Pendidikan. (2022). Rapor Pendidikan. https://pusmendik.kemdikbud.go.id/profil_pendidikan/profil-wilayah.php.

Sari, S. P., Zulkardi, & Darmawijoyo. (2021). Students’ Numeracy Skills Relating to Algebra Topic Using Covid-19 Context. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 5(1), 182–192. https://doi.org/10.31764/jtam.v5i1.3881.

Sediono, Mardianto, M. F. F., Ulyah, S. M., Andreas, C., Rosa, H. U., & Siregar, N. R. A. (2021). Peningkatan Kualitas Guru SMP di Kabupaten Kediri dalam Penyusunan Soal AKM melalui Pendampingan Intensif. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Techology, 6(2), 147–161. https://doi.org/10.30651/must.v6i2.10178.

Stehle, S. M., & Peters-Burton, E. E. (2019). Developing student 21st Century skills in selected exemplary inclusive STEM high schools. International Journal of STEM Education, 6(39), 1–15. https://doi.org/10.1186/s40594-019-0192-1.

World Economic Forum. (2015). New Vision for Education Unlocking the Potential of Technology. Geneva: World Economic Forum.

Zua, B. (2021). Literacy: Gateway to a World of Exploits. International Journal of Education & Literacy Studies, 9(1), 96–104. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.9n.1p.96.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.9085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: