PENYEGARAN METODE PENELITIAN DAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI DOSEN DI SAMBAS

Fariastuti Fariastuti, Rudi Kurnianto, Andi Hairil Alimuddin

Abstract


Dosen mempunyai kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi, dimana salah satu dharmanya yaitu penelitian. Dosen harus melaksanakan penelitian, baik dengan dana yang telah tersedia pada institusi maupun dengan mencari dana lain. Dalam hal ini dosen dituntut untuk dapat menulis proposal penelitian yang tidak hanya menarik, tetapi juga sesuai kaidah penulisan karya ilmiah agar proposalnya dapat diterima dan didanai. Dalam hal penelitian multi tahun, ada laporan kemajuan/akhir yang harus dibuat sebaik mungkin sehingga dapat disetujui untuk melanjutkan peneltian ke tahun berikutnya. Setelah selesai penelitian maka dosen juga harus dapat menulis artikel untuk dipublikasikan ke jurnal internasional bereputasi ataupun ke jurnal nasional terakreditasi. Hal ini juga menuntut kemampuan dan pengetahuan tertentu yang harus dipunyai oleh seorang dosen. Berdasarkan informasi awal bahwa banyak dosen di Sambas yang menginginkan penyegaran mengenai penulisan proposal penelitian ataupun artikel untuk disubmit ke jurnal. Oleh karena itu, pengabdi mengadakan lokakarya penyegaran metode penelitian dan penulisan karya ilmiah bagi dosen di Sambas. Adapun tahapan kegiatannya, yaitu perencanaaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah pengabdi mempersiapkan materi penyegaran dan menetapkan waktu pelaksanaan lokakarya. Pada tahap pelaksanaan, pengabdi memaparkan materi penyegaran secara bergantian dan dilanjutkan dengan tanya jawab. Sebelum dan setelah lokakarya, peserta mengisi pre-test dan post-test. Secara umum peserta pelatihan berhasil meningkatkan pemahaman atas materi yang telah disampaikan dengan peningkatan hasil post-test (67,67) dibandingkan hasil pre-test (29,22). Dengan peningkatan indikator capaian ini dan antusiasme peserta dalam mengikuti lokakarya hingga selesai, diyakini bahwa peserta dapat tersegarkan kembali terkait dengan metode peneletian dan juga penulisan karya ilmiah.

Keywords


loka karya, penyegaran, proposal/metode penelitian, karya ilmiah

References


Kompas (2022). 20 Kampus Terbaik Indonesia 2022. Webometrics. Diambil dari https://www.kompas.com/edu/read/2022/02/04/162736371/20-kampus-terbaik-indonesia-2022versi-webometrics-ada-4-pts?page=all.

Webometrics (2022). Ranking web of universities. Diambil dari https://www.webometrics.info/en/asia/indonesia%20

Zikmund, Babib Carr, Griffin (2013). Business Research Methods, 8th ed. The Dryden Press, Fort Worth, TX.

Bambang Trim (2021). Pelatihan Berbasis Kompetensi: Penyuntingan Substantif #2, 13-14 Desember 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.9089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: