LAYANAN OLAHRAGA KEBUGARAN DAN IMPLEMENTASI PENERAPAN KARTU BUGAR

Septian Williyanto, Nurlan Kusmaedi, Surdiniaty Ugelta, Badruzaman Badruzaman

Abstract


Banyak warga masyarakat kurang menyadari betapa pentingnya upaya mencegah atau menjaga tubuh agar tidak terkena penyakit atau tidak terjadi penurunan kebugaran. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memotivasi masyarakat agar semangat dan rutin berolahraga. Beberapa langkah yang diterapkan pada kegiatan ini, antara lain: pengukuran tekanan darah, pengukuran denyut nadi, pengukuran respirasi, pengukuran dan penghitungan indeks massa tubuh, dan program latihan yang dapat meningkatkan kebugaran jasmani. Kegiatan layanan dikuti oleh kurang lebih 35 orang yang terdiri atas anggota masyarakat di Kelurahan Pasirlayung, Kota Bandung, dan sekitarnya. Berdasarkan hasil penerapan di lapangan Pasirlayung, setiap peserta diberikan kartu yang dapat digunakan untuk pencatatan pengukuran, sehingga dapat menjadi dasar evaluasi terhadap pengingkatan kualitas kebugaran jasmani masing-masing peserta. Secara umum kegiatan layanan olahraga kebugaran dan implementasi penerapan kartu sehat dan bugar berjalan dengan baik dan lancar.

Keywords


Layanan Olahraga Kebugaran

References


Hurlock, E. B. 1993. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentangan Kehidupan. Penerbit Erlangga: Jakarta.

Iskandar, Z., Dkk. 1999. Panduan Teknis Tes dan Latihan Kesegaran Jasmani. Pusat Pengkajian dan Pengembangan Iptek Olahraga. Kantor Menteri Negara Pemuda dan Olahraga: Jakarta.

Nurlan Kusmaedi, dkk. 2014. Pengaruh Latihan Kebugaran Berbasis Kecabangan Olahraga Terhadap Health Related Physical Fitness,Skill Related Physical Fitness dan Hipokinetik pada Lansia.Laporan Penelitian: Dibiayai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Nurlan Kusmaedi, dkk. 2014. Penyuluhan Pembelajaran Gaya Hidup Sehat Lansia Menggunakan Pendekatan Eldergogi Berbasis Sumberdaya Masyarakat. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat: Dibiayai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Nurlan Kusmaedi, dkk. 2008. Olahraga Lansia. Buku. Bandung: Bintang Warli Artika.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.9184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: