STRATEGI BRANDING DAN PENYULUHAN URGENSI DUKUNGAN WARGA DALAM AKTIVITAS BUMDES MELALUI MEDIA DARING DI DESA CATURHARJO BANTUL D.I.YOGYAKARTA

Handrio Adhi Pradana, Murwanto Sigit, Bagus Panuntun

Abstract


Desa Caturharjo, Pandak, Bantul, D.I.Yogyakarta merupakan desa yang memiliki banyak potensi unggulan di bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat, pelestarian lingkungan, dan pariwisata berbasis kearifan lokal desa. Potensi desa yang menonjol diantaranya banyak warga desa yang bekerja di sektor pertanian. Hal ini mendorong kemandirian ekonomi warga. Lalu perangkat desa yang memiliki program 4.000 jogangan atau lubang dan 77 rumah kumpul sampah di tiap RT untuk meningkatkan kesadaran lingkungan yang bersih dan sebagai upaya melestarikan tradisi leluhur dalam mengelola sampah. Dan manfaat geografis yang dimiliki desa seperti area persawahan yang asri, puncak Kedung Laten, usaha tanaman obat, ragam kesenian, dan beberapa sumber mata air yang indah. Namun sejak pandemi Covid-19 melanda, banyak potensi tersebut mulai surut dan kehilangan semangat untuk pulih kembali disebabkan oleh turunnya permintaan pasar dan pembatasan interaksi massal secara tatap muka. Pengabdian ini bertujuan untuk mengenalkan media promosi digital melalui profil video desa Caturharjo dan penyuluhan terkait manajemen desa yang efektif melalui konten pembelajaran digital. Metode yang digunakan adalah observasi, diskusi interaktif. dan analisa kebutuhan, serta kegiatan berbasis luaran nyata. Hasil pengabdian berupa video profil desa Caturharjo dan konten pembelajaran digital yang dikemas dengan format podcast yang kemudian diunggah pada channel YouTube desa Caturharjo. Kegiatan ini diharapkan dapat menggairahkan kembali potensi perekonomian warga dan menguatkan peran BUMDes dalam memanfaatkan secara mandiri dan kontinu pemasaran atau promosi digital berbasis platform media sosial populer.

Keywords


Caturharjo Pandak Bantul DIY; Village Branding; The Role of BUMDes; Digital Marketing

References


Ali, N., & Sinilele, A. (2019). Kearifan Lokal Dalam Melestarikan Pulau Dan Laut Di Pulau Bonetambu Sulawesi Selatan. Hasanuddin Journal of Sociology, 1(2), 101–115. https://doi.org/10.31947/hjs.v1i2.9430

Atuna, R., & Harun, N. I. (2019). Peningkatan Kapasitas Badan Usaha Milik Desa dan Tantangan Pemerintah Sumalata Timur. Gorontalo Journal of Public Administration Studies, 2(2), 61–77. https://doi.org/10.32662/GJPADS.V2I2.769

Churiyah, M., Sholikan, S., Susanti, E., & Pratikto, H. (2021). Strategi Penguatan Daya Saing UMKM Di masa Pandemi Covid-19. Jurnal KARINOV, 4(2), 129–135. https://doi.org/10.17977/UM045V4I2P129-135

Mansir, F., & Purnomo, H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Abdimas Singkeru, 1(1), 39–50. Retrieved from http://jurnal.atidewantara.ac.id/index.php/singkerru/article/view/33

Muhtada, D., Diniyanto, A., & Alfana, G. Q. (2018). Pengelolaan Dana Desa: Identifikasi Problem, Tantangan, dan Solusi Strategis. RISTEK: Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 2(2), 29–44. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snkppm

Nursetiawan, I., Endah, K., & Sujai, I. (2019). Digitalisasi Produk Unggulan Desa Sukamaju Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis Berbasis Qr Code Dan Facebook Marketplace. Abdimas Galuh, 1(1), 67–74. https://doi.org/10.25157/ag.v1i1.2885

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Ramaditya, M., Effendi, S., Faruqi, F., & Darmawan, A. (2020). Pelatihan Kewirausahaan Kreatif Berbasis Manajemen Pemasaran Digital bagi UMKM Di Wilayah Rawamangun. Journal of Sustainable Community Development (JSCD), 2(1), 48–54. https://doi.org/10.32924/jscd.v2i1.13

Rizal, M., Laila, A. N., Ali, N., Rohmah, N., Maula, M. H. N., & Waasiah, R. (2021). Sosialisasi Digital Marketing bagi Pelaku UMKM di Desa. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(4), 287–293. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i4.13569

Widjaja, Y. R., Alamsyah, D. P., Rohaeni, H., & Sukajie, B. (2018). Peranan Kompetensi SDM UMKM Dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Desa Cilayung Kecamatan Jatinangor, Sumedang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 465–476. https://doi.org/10.31294/JABDIMAS.V1I3.4012.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.9215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: