PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING, CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN CHSE PADA ELRICO VILLA

Ida Bagus Kurniawan, I Gede Deddy Rahmat, I Wayan Ruspendi Junaedi, I Made Dwi Wira Ardana

Abstract


Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat dilaksanakan di Elrico Villa, Kuta Utara, Badung, Bali. Elrico Villa resmi dibuka semenjak Januari 2020. Villa ini merupakan usaha keluarga dari Bapak I Nyoman Murjana. Luas Tanah Villa 400 m2.Tentu bukan hal yang mudah menjalankan usaha villa di saat pandemi. Sejauh ini teknik pemasaran yang digunakan oleh pemilik villa adalah promosi lewat agen dan mulut ke mulut (word of mouth). Adapun beberapa masalah yang disampaikan oleh mitra antara lain : pemasaran yang belum optimal, kekurangpahaman mengenai standar pelayanan CHSE sesuai pedoman Kementerian Pariwisata, Ekonomi dan Kreatif, serta bagaimana cara mengelola hubungan baik dengan tamu sehingga tamu dapat merekomendasikan ke rekan/kerabat. Solusi untuk permasalahan yang dihadapi mitra antara lain memberikan pelatihan dan pendampingan pemasaran digital untuk meningkatkan promosi Elrico Villa, pelatihan dan pendampingan customer relationship management guna menjaga hubungan baik dengan tamu serta pelatihan dan pendampingan CHSE guna memberikan standar pelayanan yang baik sesuai dengan peraturan KEMENPAREKRAF. Metode yang dilakukan yaitu pelatihan dan pendampingan Digital Marketing, Customer Relationship Management dan CHSE dengan teknik pendekatan pemberdayaan masyarakat community development dan edukatif. Dampak dan capaian dari kegiatan ini yaitu mitra dalam hal ini pihak Elrico Villa dapat mengembangkan usaha dan meningkatkan kunjungan.

Keywords


Elrico Villa, Digital Marketing, Customer Relationship Management, CHSE

References


Ade Andri Hendriadi, Betha Nurina Sari, Tesa Nur Padilah.(2019).Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang.Jurnal Pengabdian Masyarakat J-Dinamika, Vol. 4, No. 2.

Army Justitia, Indah Werdiningsih, Faried Effendy & Taufik.(2021).Pelatihan danan Pendampingan Digital Marketing Bagi Umkm Jasa Laundry Menuju UMKM Go Digital.Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat vol. 2, No. 2.

Destiana Kumala, Sawqi Saad El Hasan, Thoriq Aziz Mardius,Putri Puspita Sari, Muhammad Ibnu Toyib,Supriatal. (2022). Pelatihan Digital Marketing Pada Unit Produksi di SMK Bina Mandiri.Jamin : Jurnal Abdi Masyarakat Ilmu Pemerintahan Vol 1 No 2 Februari (2022) Hal. 53-63.

Ginanjar Abdurrahman, Hardian Oktavianto, Ega Yusni Habibie, Anggar Wahyu Hadiyatullah.(2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi dan Pemasaran.Jurnal Universitas Muhammadiyah Jember.

Khusnul Rofida Novianti, Kenny Roz, Chalimatuz Sa'diyah.(2021).Pendampingan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Usaha Budidaya Lele. Jurnal Aplikasi dan Inovasi IPTEKS Soliditas Volume 4 Nomor 2, Oktober Tahun 2021.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Nanto Purnomo.(2020).Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing. Jurnal Karya Abdi Vol. 4 No. 3.

Pedoman CHSE KEMENPAREKRAF.(2022). Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan,Keselamatan,dan Kelestarian Lingkungan Pondok Wisata. http:// https://chse.kemenparekraf.go.id/ diakses pada tanggal 18 Juli 2022.

Suworo, Sairin, Susanto, Tarwijo, Chotamul Fajri.(2022).Pelatihan Digital Marketing (Sosial Media) Untuk Meningkatkan Life Skill Santri dan Staf Marketing di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Depok. Jurnal Abdi Laksana Vol 3, No 1 (2022).

Slamet Fauzan, Talitha Shirleen Almira Zulaikha, Tasya Az Zahra Khadijah, Wahyu Fahmisyah. (2021). Pendampingan Pengembangan Digital Marketing Desa Wisata Gubugklakah Kabupaten Malang.Jumat : Ekonomi Pengabdian Masyarakat.Vol. 2, No. 3, Desember 2021. Hal. 168 -174.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.9227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: