PEMANFAATAN LAYANAN DIGITAL BANK SYARIAH DAN FINTECH SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN UMKM

Sufiana Noor, Rizky Putri Ramadhani

Abstract


Guna menyongsong Indonesia sebagai negara ekonomi digital terbesar tahun 2024, pemerintah Indonesia telah menyusun Roadmap Digital Indonesia 2021-2024. Sebagai realisasi dari hal tersebut, pemerintah di setiap daerah Indonesia bekerja sama dengan stakeholder sektor keuangan menggalakkan kampanye UMKM go digital. Meskipun jumlah pelaku UMKM cukup meningkat dan berkontribusi bagi pendapatan daerah, namun sebagian besar UMKM mengalami kendala dalam mengembangkan usahanya terutama dalam menghadapi digitalisasi, sehingga dikhawatirkan akan mempengaruhi eksistensi UMKM di era digitalisasi ekonomi. Oleh karena itu, upaya pengenalan layanan digital dan fintech perlu dilakukan pada seluruh UMKM di Indonesia. Pengenalan layanan digital dan fintech pada artikel ini dilakukan pada para pelaku UMKM di Desa Sunggingan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk sosialisasi kepada 20 pelaku UMKM Desa Sunggingan melalui metode ceramah, tutorial, dan diskusi. Setelah dilakukan pendampingan, 20 pelaku UMKM Desa Sunggingan sudah mengenal layanan digital dan fintech bank syariah berupa mobile banking serta QRIS.  Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kendala atas penerapan layanan digital dan fintech terletak pada masyarakat yang belum terlalu memahami cara pengoperasionalannya. Oleh karena itu, diperlukan peran pemerintah serta pelaku sektor keuangan untuk dapat mengadakan penyuluhan berkala dan monitoring agar penerapan digitalisasi di Desa Sunggingan dapat bermanfaat bagi semua pihak.

Keywords


Pengabdian, Masyarakat, Layanan, Digital, Bank Syariah, Fintech

References


Dandy, K., Yasrawan, K. T., Nengah, N., & Yuliantini, D. (2021). Pelatihan dan pendampingan bagi kelompok pengerajin rotan di desa selat dalam upaya diversifikasi produk unggulan. 1891–1896.

Erlambang Wiradinata, G. (2022). Disnaker Perinkop dan UKM Kudus Data Ulang UMKM dan Koperasi. Radar Kudus. https://radarkudus.jawapos.com/kudus/07/04/2022/disnaker-perinkop-dan-ukm-kudus-data-ulang-umkm-dan-koperasi/

Irma Muzdalifa, Inayah Aulia Rahma, B. G. N. (2018). ( Pendekatan Keuangan Syariah ). Jurnal Masharif Al- Syariah:Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(1).

Satu QRIS untuk Semua. (n.d.). QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard ).

Setiani, D. D., Nivanty, H., Lutfiah, W., & Rahmawati, L. (2020). Fintech Syariah: Manfaat dan Problematika Penerapan pada UMKM. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(1), 75–90.

Wijaya, M., Sumantri, E., Kencana, H., Wahyuningsih, E. S., Arinastuti, A., & Sundari, S. (2022). Financial Technology: Sebagai Salah Satu Alternatif Media Transaksi Pembayaran pada UMKM Aneka Peyek Al Rumi di Desa Banjarparakan Kecamatan Rawalo, Banyumas. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(4), 1175–1182. https://doi.org/10.54082/jamsi.390

Wisnubroto, K. (2021). Peta Jalan Mempercepat Transformasi Digital. https://www.indonesia.go.id/kategori/editorial/2951/peta-jalan-mempercepat-transformasi-digital.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.9228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: