METODE KAUNY DAN PENGUATAN PSIKOLOGIS BAGI MUALAF DANAU PANTAU KAPUAS

Isnaeni Marhani, Lilik Kholisotin, Istiqamah Hafid

Abstract


Mualaf merupakan pelaku konversi agama yang berasal dari agama maupun keyakinan berbeda lalu memilih Islam sebagai agama tujuan. Setelah menjadi mualaf, seseorang mengalami berbagai kondisi dimulai dari minimnya pengetahuan tentang Islam, adaptasi terhadap ibadah baru, serta mengalami sejumlah tekanan psikologis. Para mualaf dituntut mampu menghafal bacaan salat serta surah-surah dalam Al-Qur’an sebagai syarat sah ibadah salat. Meski demikian, menghafal bacaan yang disajikan dalam bahasa yang sama sekali baru bukan persoalan mudah bagi mereka. Belum lagi tentang pelafalan huruf sesuai kaidah tajwid yang tepat seringkali menjadi kendala. Namun, pada dasarnya hal ini dapat diatasi dengan memberikan pendampingan, baik secara kelompok maupun individual, terutama yang berkaitan dengan aqidah, syari’at dan muamalah. Peserta yang mengikuti pelatihan metode kauny serta penguatan psikologis berjumlah 40 peserta yang terdiri atas para mualaf serta pengurus Aisyiyah ranting Danau Pantau.  Kegiatan dilakukan dengan tiga tahapan yaitu materi mengenai makharijul huruf serta pelafalan huruf hijaiyah yang tepat, metode kauny, dan penguatan psikologis. 90 persen peserta menunjukkan peningkatan dalam mengikuti pelatihan ini. Metode kauny dapat menjadi pilihan yang baik untuk mualaf dalam memperdalam ilmu agama Islam khususnya dalam belajar Al-Qur’an.

Keywords


Kauny, Penguatan Psikologis, Mualaf

References


Aini, H., Suandi, N. dan Nurjaya, G. (2018). Pemberian Penguatan (Reinforcement) Verbal dan Nonverbal Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII MTsN Seririt. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha. Vol. 8 No. 1.

Dhulkifli, M. L. (2020). Pengaruh Metode Kauny Quantum Memory dalam Menghafal Quran Sejak Dini di SD IT Lukman Hakim Yogyakarta. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains. Vol. 6 No. 1.

Hidayat, T. (2018). Peran Muallaf Centre dalam Pembinaan Keagamaan Muallaf di Yogyakarta. Al-Ghazali. Vol 1. No. 1.

Muhdhori, H. 2017. Treatmen dan Kondisi Psikologis Muallaf. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 3. No. 1.

Mulawarman dan Munawaroh, E. (2020). Psikologi Konseling Sebuah Pengantar bagi Konselor Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Mulyana. (1997). Berpaling kepada islam. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Sabiq, S. (2008). Fiqih Sunnah. Jakarta: Cakrawala Publishing.

Sa’dullah, S. Q. 2011. 9 Cara Praktis Menghafal Alquran. Depok: Gema Insani Press.

Shihab, M. Q. 2002. Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati.

Supriadi. (2018). Problematika Muallaf dalam Melaksanakan Ajaran Agama Islam di Desa Tumbang Tunen Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan. Jurnal Hadratul Madaniyah. Vol. 5. No. 1.

Suzana Y., dan Jayanto I. 2021. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Gramedia.

Tumanggor, R. 2014. Ilmu Jiwa Agama (The Psychology of Religion). Jakarta: Prenada Media Grup.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.9230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: