IMPLEMENTASI TEKNOLOGI PASCAPANEN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS KELOMPOK TANI KOPI DI KABUPATEN GARUT

Ai Yanti Rismayanti, Tintin Febrianti, Atia Fizriani

Abstract


Kabupaten Garut merupakan salah satu sentra pengembangan kopi di Provinsi Jawa Barat. Permasalahan yang dihadapi petani dan pengolah kopi antara lain kurangnya pengetahuan sumber daya manusia mengenai budidaya dan pengolahan kopi serta tidak adanya dukungan sarana dan prasarana pengolahan kopi salah satunya mesin roasting. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan solusi terhadap permasalahan kelompok tani dan pengolah kopi di kabupaten Garut, salah satunya dengan menerapkan teknologi pengolahan kopi (mesin roasting) yang hemat energi yang siap dioperasionalkan dengan kapasitas produksi yang sesuai dengan kebutuhan. Metode  pengabdian  yaitu  dengan melakukan analisis kebutuhan, analisis permasalahan, studi literatur, survey lapangan, pengembangan solusi, implementasi, dan evaluasi kegiatan. Hasil pengabdian ini telah terlatih sebanyak 4 kelompok petani dan pengolah kopi dan mulai mengimplementasikan kegiatan budidaya yang baik serta mengolah hasil panennya menggunakan mesin roasting secara mandiri.

Keywords


Garut, kopi, mesin roasting

References


Amaludin, N., & Malik., U. (2018). Pengaruh Konsumsi Kopi Terhadap Peningkatan Tekanan Darah. Jurnal Unimus 1 (5), 44-49.

Fauziah, U., & Ihwana, A. (2015). Analisis Rantai Nilai Distribusi Kopi di Kabupaten Garut. Jurnal Kalibrasi 1 (13), 1-8.

International Coffee Organization. (2019). Coffee statistics. International Coffee Organization. Retrieved from http://www.ico.org.

Marhaenanto, B., Soedibyo. D., & Farid, M. (2015). Penentuan Lama Sangrai Kopi Berdasarkan Variasi Derajat Sangrai Menggunakan Model Warna RGB Pada Pengolahan Citra Digital. Jurnal Agroteknologi 9(2), 102-111.

Supriadi, H., & Randriani, E. (2013). Kopi Arabika asal Kabupaten Garut memiliki cita rasa terbaik Di Jawa Barat. Medkom Perkebunan Tanaman Industri dan Penyegar, 1(9), 4.

Towaha, J., Purwanto, E., & Supriyadi, H. (2015). Atribut Kualitas Kopi Arabika Pada Tiga Ketinggian Tempat di Kabupaten Garut. Jurnal TIDP 2(1), 29-34.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.9447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: