MESIN PENGADUK DOUBLE JACKET SEBAGAI SOLUSI INDUSTRI RUMAH TANGGA PRODUK SAMBAL

Evi Nurifah Julitasari, Hanifatus Sahro, Enny Sumaryati

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan untuk meningkatkan kapasitas produksi mitra Industri Rumah Tangga (IRT) “Sambal Mama Ni” yang terletak di Kecamatan Blimbing Kota Malang. Kegiatan produksi sambal oleh mitra IRT masih mengggunakan wajan stainless dengan kapasitas bahan 10-15 liter dengan hasil produk sambal botol kemasan 150 gram sebanyak 36 botol. Dengan semakin meningkatnya permintaan sambal oleh para konsumen baik permintaan dalam maupun luar kota, produksi IRT belum bisa memenuhi produksi rata-rata yang diharapkan. Selain itu, desain pengaduk pada wajan stainless tidak bisa mengaduk secara merata sehingga hasil produk sambal tidak homogen dan gampang gosong pada bagian bawahnya. Dari permasalahan tersebut, tim pengabdi memberikan solusi melalui pengadaan mesin pengaduk double jacket berkapasitas 25 liter. Dengan alat ini IRT bisa memproduksi sambal sebanyak kurang lebih 100 botol kemasan 150 gram dalam sekali produksinya, sehingga kegiatan produksi dapat lebih efisien. Selain itu, dengan mesin pengaduk double jacket ini proses pengadukan akan lebih merata sehingga produk bisa lebih homogen, serta dapat menghindari kemungkinan kegosongan produk karena tabung pemasakan didesain tidak bersentuhan langsung dengan api.

Keywords


Industri Rumah Tangga, Kapasitas Produksi, Mesin Pengaduk Double Jacket

References


Amaliah H. (2019). Proses Pengolahan Dan Mutu Organoleptik Abon. Tugas Akhir. Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene dan Kepualuana.

BPS. 2022. Jumlah Tenaga Kerja Menurut 2-digit KBLI.

Jufi, Amelia, Intan Nurul Azmi Rusi DwiO. Karakteristik Sensorisdan Kandungan Logam Berat Minuman Fungsional Okra-Jahe Dengan Berbagai Jenis Pemanis. Jurnal Teknologi Pangan dan Kesehatan.Vol.1 (2019).

Julitasari EN, Suwarta S. Analisis nilai tambah produk cabe akibat over supply di masa pandemi COVID-19 (Studi di Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang). (2020). In: Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH). p. 285–92.

Kurniati N, Jafrizal FM, Mufriantie F. (2019). Teknologi Pengolahan Cabe Merah Bagi Kelompok Wanita Tani Desa Sukasari Kabupaten Kepahiang. J Akses Pengabdi Indones. 4:2346–548.

Nugraha AMR, Widiantoro H. (2020). Perancangan Mesin Pengaduk Otomatis dan Higienis Untuk Olahan Bumbu Batagor Skala UMKM. In: Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar. p. 151–7.

Pemerintah Kota Malang. (2021). Jumlah UMKM Kota Malang. https://malangkota.go.id/umkm-kota-malang/. Diakses 19 Desember 2022.

Simanjuntak, R. F., Andiani, I.M., dan Firdaus, M. (2019). Kelompok Usaha Sambal Banjar Rumput Laut Griya Persemaian Kota Tarakan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 3 (2), pp 01-10.

Siregar, A. M., Siregar, C. A., Umurani, K., dan Surbakti, C. A. G. (2022). Desain dan Pembuatan Mesin Pengaduk Srikaya Guna Membantu Meningkatkan Produktivitas Usaha Toko Roti di Kota Berastagi Sumatera Utara. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4 (1)

Surbakti, C. A. G. (2022). Rancangan Dasar Mesin Pengaduk Selai Srikaya Muatan 30 Kilogram Pada Usaha Kecil Menengah (Ukm) Produksi Roti. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik [JIMT], 2(4).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.9469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: