PENERAPAN INOVASI TEKNOLOGI PERTANIAN ORGANIK PADA PETERNAK DOMBA DALAM MENUNJANG KETAHANAN PANGAN

Leo Fatra Nugraha, Tuti Karyati

Abstract


Desa Gunungsari merupakan salah satu desa di Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya. Domba merupakan salah satu ternak utama yang dipelihara oleh warga karena ketersediaan sumber daya alam yang cukup dan dianggap mudah serta murah untuk dipelihara. Namun, sebagian besar petani masih menggunakan cara tradisional dan belum menerapkan inovasi teknologi dalam kegiatan pemeliharaan. Peternak masih menggunakan pakan alami yang tidak diolah terlebih dahulu dan belum diolah dengan limbah, yang jika tidak dikendalikan dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Untuk mengatasi masalah ini, Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) diluncurkan. Kegiatan yang dilakukan adalah sosialisasi program, peralatan peternakan domba yang baik, peralatan yang menggantikan pakan domba, dan mengubah kotoran domba menjadi pupuk, sebagai contoh kandang domba yang sehat untuk memisahkan kotoran dan urin serta mendukung penerapan teknologi pertanian organik. Inovasi bagi peternak domba untuk mendukung ketahanan. Akibat dari pelaksanaan program tersebut, terjadi perubahan pengetahuan masyarakat tentang beternak domba yang baik dan konversi kotoran domba menjadi pupuk.

Keywords


desa tahan pangan, pertanian organik, peternak domba, teknologi pertanian

References


Badan Pusat Statistik. 2021. Kecamatan Cikatomas dalam Angka tahun 2021.

Bain, A. (2021). Optimalisasi Usaha Peternakan Kambing Melalui Teknologi Pengolahan Limbah Peternakan untuk Meningkatkan Pendapatan Peternak Kambing di Kota Kendari.

Biyatmoko. (2012). Potensi Beban Pencemar (BPP) Air Asal Limbah Peternakan di Kota Banjarmasin.

Direktorat Jendral Peternakan dan Keseatan Hewan. 2014. Petunjuk Teknis Pembibitan Ternak Rakyat. Jakarta: Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, 2014.

Mubyarto. 1986. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: Pustaka LP3ES.

Mujiyono. 2017. Pemanfaatan Kotoran Kambing Pada Budidaya Tanaman Buah dalam Pot untuk Mendukung Perkembangan Pondok Pesantren.

Kementerian Pertanian. 2015. Pedoman Pengolahan Limbah Ternak.

Riyadi. (2004). Tantangan dan Peluang Peningkatan Produksi Sapi Potong Menuju 2020.

Tambunan. (1998). Pengembangan Peternakan Rakyat Berwawasan Agribisnis. Lembaga Penelitian IPB dan Dirjen Bina Penyebaran dan Pengembangan. Dirjen Peternakan. Departemen Pertanian Republik Indonesia.

Wibowo. (2012). Analisis Efisiensi Alokatif Faktor-Faktor Produksi dan Pendapatan Usahatani Padi di Desa Sambirejo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun. [Skripsi]. Malang. Fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.9728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: