PENDAMPINGAN BAGI GURU PAUD MEKAR SARI KELURAHAN KRANJI TENTANG MEDIA LITERASI ANAK USIA DINI

Esti Ningrum, Wahyu Hariadi, Ranjani Ranjani

Abstract


Kemajuan teknologi yang semakin pesat ini menuntut masyarakat untuk dapat menyesuaikan diri, tak terkecuali bagi anak usia dini. Sehingga menjadi penting untuk memberikan bekal mengenai media literasi bagi anak usia dini. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat di sekitar PAUD Mekar Sari Kelurahan Kranji, khususnya kepada orangtua, guru, seluruh lapisan masyarakat lain yang kemungkinan memiliki keterbatasan pemahaman berkaitan dengan media literasi sehingga mendapatkan pemahaman berkaitan dengan pentingnya media literasi bagi anak usia dini. Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim pendamping Universitas Wijayakusuma Purwokerto ini dilakukan dengan metode sosialisasi dan pendampingan. Dari beberapa sosialisasi dan pendampingan yang diberikan oleh tim pendamping, guru PAUD Mekar Sari dan masyarakat Kelurahan Kranji kemudian dapat turut mengembangkan dan memahami hal-hal yang berkaitan dengan pentingnya media literasi untuk ditanamkan kepada anak sejak usia dini, untuk kemudian dapat dipraktikan secara berkelanjutan dalam kehidupan sehari-harinya.

Keywords


media literasi,PAUD,pendampingan.

References


Barton, D. (2012). Participation, deliberate learning and discourses of learning online. Language and Education, 139-150.

Ghoting, S., N. & Diaz, P., M. (2006). Early Literacy Storytimes. American Library Association.

Kemendikbud. (2016). Keputusan direktur jenderal pendidikan dasar dan menengah kementerian pendidikan dan kebudayaan nomor : 4676/D/KEP/MK/2016 tentang spektrum keahlian pendidikan menengah kejuruan.

Koch, H., & Sporer, N. (2017). Student Improve in Reading Comprehension by Learning How to Teach Reading Strategies. An Evidence-based Approach for Teacher Education. Psychology Learning & Teaching, 1-15.

McLachlan, C. J., & Arrow , A. W. (2017). Literacy in the Early Years: Reflections on International Research and Practice. Singapore: Springer.

Schachter, R. E. (2017). Early Childhood Teachers‟ Pedagogical Reasoning About How Children Learn During Language and Literacy Instruction. International Journal of Early Childhood, 95-111.

Sheridan, S. M., Knoche, L. L., & White, A. S. (2019). Family-School Parthnership in Early Childhood: Exemplars of Evidence-Based Interventions. In S. B. Sheldon, & T. A. Turner-Vorbeck, The Wiley Handbook of Family, School and Community Relationship in Education (pp. 183-202). John WIley & Sons, Inc.

Teepe, R. C., Molenaar, I., Oostdam, R., Fukkink, R., & Verhoeven, L. (2019). Helping parents enhance vocabulary development in preschool children: Effect of a family literacy program. Early Childhood Research Quarterly , 226-236.

Ulfah, M. (2020). Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga. Jurnal Obsesi, 10-19.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.9775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: