MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS GURU SD MELALUI PENDAMPINGAN PENULISAN CERITA ANAK BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA

Hidayah Budi Qur’ani, Maharani Putri Kumalasani, Mohammad Nuryasin, Dita Fatimah Sari, Eky Sarasanti, Farama Putra Bayu Dirgantara, Dinda Aulia Ananda

Abstract


Kegiatan pendampingan penulisan cerita anak berbasis profil remaja Pancasila merupakan kegiatan yang dapat meningkatkan jumlah bahan bacaan bagi siswa, sehingga baik guru maupun siswa mendapatkan referensi bacaan lain selain buku guru dan siswa. SDN Balearjosari 1 Kota Malang terletak di Kota Malang, jarak antara perguruan tinggi penyelenggara program sejauh 8,2 km. Jumlah guru di SDN Balearjosari 1 Kota Malang adalah 16 orang dan rata-rata mempunyai pengalaman menulis cerita anak. Pendampingan ini berfokus pada pada cerita anak berbasis profil pelajar Pancasila. Hal tersebut dilakukan karena Pelajar Pancasila merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten dan memiliki karakter sesuai nilai-nilai Pancasila. Karakter yang ada dalam profil pelajar Pancasila diantaranya (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, (2) berkebhinekaan global, (3) bergotong royong, (4) mandiri, (5) bernalar kritis, dan (6) kreatif. Tujuan program pengabdian yang nantinya akan memberi dampak diantaranya (a) pembaharuan pengetahuan bagi kepala sekolah dan guru terkait penulisan cerita anak, (b) peningkatan produktifitas guru dalam menulis cerita anak, (c) peningkatan kompetensi guru dalam menulis cerita anak berbasis profil pelajar pancasila, (d) peningkatan kegiatan pengembangan ilmu, dan teknologi baik di perguruan tinggi maupun sekolah, (e) memberikan kontribusi positif kepada masyarakat terkait pemanfaatan cerita anak berbasis profil pelajar Pancasila sebagai referensi bahan ajar di sekolah. Kegiatan pendampingan penulisan cerita anak berbasis profil pelajar pancasila di SDN Balearjosari 1 Kota Malang ini menggunakan metode workshop. Kegiatan pendampingan penulisan cerita anak berbasis profil pelajar pancasila di SDN Balearjosari 1 Kota Malang dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama adalah persiapan, tahap kedua adalah pelaksanaan, dan tahap ketiga adalah evaluasi. Hasil dari kegiatan pendampingan ini, guru mampu menghasilkan karya cerita anak berbasis profil pelajar pancasila, bertambahnya kemampuan guru dalam teknik menulis cerita anak, lebih mendalami profil pelajar pancasila untuk diintegrasikan dalam cerita anak.

Keywords


Cerita anak, profil pelajar pancasila, guru

References


Astuti, W. W., Daulay, M. A. J., Gafary, M. O. F., & Assalam, M. H. (2020). Reinterpretasi Dan Reproduksi Cerita Anak Sumatera Utara. Bahas, 31(2), 10. https://doi.org/10.24114/bhs.v31i2.19001

Donuata, P. B. (2019). Efektivitas Pemberian Pre Test dan Post Test Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Siswa. Chemur, 2(1).

Dzikrullah, A. A., Fauzan, A., & Asriny, N. I. (2020). Upaya Peningkatan Kualitas Karya Ilmiah Guru (Studi Kasus di Lingkungan Mts YAPI Pakem). E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 119. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.4163

Istianah, A., Mazid, S., Hakim, S., & Susanti, R. P. (2021). “Integrasi Nilai-Nilai Pancasila untuk Membangun Karakter Pelajar Pancasila di Lingkungan Kampus.” Jurnal Politik, Hukum, Sosial Budaya Dan Pendidikan, 19(1), 59–68.

Mahlianurrahman, M., & Aprilia, R. (2022). Menyusun Cerita Praktik Baik Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Anugerah, 4(1), 43–49. https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i1.4283

Nufus, H. (2018). Pemetaan Cerita Rumpang Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 103 Palembang Earning To Read Children ’ S Stories With Massage Story Mapping Strategies in Class V Students State 103 State Elementary School , Palembang. Prataksis, 1(1).

Rachmanita, E. (2016). Pembelajaran Mendengarkan Cerita Anak Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Mengembangkan Pribadi Siswa. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 111. https://doi.org/10.21067/jibs.v3i2.1465

Rapareni, Y. (2013). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Produktivitas Guru Yayasan Jihadiyah Palembang. Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntansi (JENIUS), 3(3), 216–229.

Ratnasari, A. (2018). PEDADIDAKTKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Daar Buku Cerita Anak berbasis Kearifan Lokal Payung Geulis Tasikmalaya untuk Siswa SD. 5(1), 274–285.

Sawadi. (2019). Improving Teacher’s Social Competence Through Teacher Workshop in SDN-I Sukajaya in 2018. Anterior Jurnal, 19(1), 79–104.

Wuryandini, E. (2014). Analisis Permasalahan Dan Kebutuhan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Smk Bidang Keahlian Bisnis Dan Manajemen Pascasertifikasi Di Kota Semarang. Jurnal Manajemen Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 09(2), 108–119.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.9800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: