PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM PRODUK CEMILAN BU ELA DI DESAGEMPOL

Asep Awaludin

Abstract


Olahan makanan rumahan pada kegiatan ini adalah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah(UMKM) yang bergerak dalam bidang usaha produksi cemilan di Desa Gempol. UMKM yang menjadi olahan makanan ini sudah sangat lama berproduksi di Desa Gempol, yaitu hampir lebih dari 3 tahun. Akan tetapi, dalam kegiatan pemasarannya  masih sangat minim dan konvensional. Untuk itu, UMKM ini perlu diberikan pelatihan tentang pentingnya pemanfaatan digital marketing agar sistem pemasarannya menjadi lebih baik sehingga dapat memperluas cakupan target usahanya serta dapat menunjang kegiatan penjualan yang lebih baik lagi. Selain itu, UMKM juga diberikan bantuan dalam membuat akun bisnis di media digital yaitu Lazada dan Instagram, beserta cara mengelola media digital tersebut     secara optimal. Luaran yang dihasilkan dari pengabdian ini adalah akun Lazada dan Instagram, artikel ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal nasional, serta laporan kegiatan. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan pelatihan berupa ceramah dan pemberian   tutorial membuat akun di media digital beserta cara mengelola media digital tersebut. Dari hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini, disarankan sebaiknya penggunaan strategi digital marketing dapat ditindaklanjuti dengan pembimbingan secara berkala sehingga bisa efektif dan optimal dalam menunjang kegiatan pemasaran dan meningkatkan penjualan usaha UMKM.

Keywords


Digital marketing, UMKM, strategi pemasaran

References


Naimah, Rahmatul Jannatin, et al. (2020). "Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM." Jurnal IMPACT: Implementation and Action 2.2: 119-130.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.

NAIMAH, Rahmatul Jannatin, et al. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2.2: 119-130.

Ascharisa Mettasatya Afrilia. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurkom, Riset Komunikasi1 (1). Hal 147–157.

Purwana ES, Dedi, Rahmi,Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM).Jurnal Pemberdayaan MasyarakatMadani (JPMM)1(1). 1–17.

Purwana ESD, Rahmi, Aditya S. (2017). Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. JPMM. 1(1). doi : doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01

Rachmawati, Fitri. (2018). Penerapan Digital marketingSebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil DanMenengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya.Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Jurusan KomunikasiProgram Studi Ilmu Komunikasi. Surabaya.

Ridwan, Iwan Muhammad. Dkk. (2019). Penerapan Digital marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. Jurnal Abdimas BSI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol. 2 No. 1 Februari 2019, 137-142. E-ISSN : 2614-6711.

Wardana, Aditya. (2018). Strategi Digital marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional: Forum Keuangan dan Bisnis IV, Th 2015. ISBN : 978-602-17225-4-1.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.9887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: