PEMBUATAN DESIGN LOGO DALAM PENUNJANGAN UMKM “ENTIL” MAKANAN KHAS DESA PENATAHAN

Ni Komang Triana Dewi, I Made Chandra Mandira, Putu Sri Arta Jaya Kusuma, Gede Crisna Wijaya

Abstract


Logo adalah sebuah tulisan, sketsa, atau gambar yang mempunyai makna tertentu dan bisa mewakili identitas atas suatu bentuk entitas, seperti lembaga, organisasi, perusahaan, daerah, negara, atau produk. Biasanya, suatu logo mengandung filosofi tertentu dan kerangka dasar berbentuk konsep yang bertujuan guna menciptakan sifat mandiri. Selain itu, setiap bentuk logo juga wajib mempunyai suatu ciri khas tertentu untuk membedakan logo yang satu dengan logo yang lainnya, baik itu dari segi bentuk maupun warnanya. Suatu logo yang digunakan akan menggambarkan kualitas seperti yang disimbolkan, seperti adanya pendekatan budaya perusahaan, penempatan posisi penting, atau aspirasi dari perusahaan itu sendiri. Oleh karena itu, dalam kegiatan program kerja pengabdian masyarakat yang telah penulis rancang dengan judul “Pembuatan Design Logo Dalam Penunjangan umkm “ENTIL” Makanan Khas Desa Penatahan,”. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan beberapa tahapan diantaranya wawancara, perencanaan dan pelaksanaan.  Berdasarkan analisis  hasil dari program kerja ini, hasil dari kegiatan ini dikatakan bermanfaat dalam penunjangan UMKM dalam pembuatan logo dalam bentuk sticker ini membantu owner “Entil” dalam mempermudah masyarakat luas atau warga mengetahui makanan Khas Desa Penatahan yaitu Entil, kemudian dari penulis juga mendapatkan pengalaman dan pelajaran dalam berkontribusi dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini.

Keywords


Logo, UMKM, Desain, Desa Penatahan

References


Agustina, R., Dwanoko, Y. S., & Suprianto, D. (2021). Pelatihan Desain Logo Dan Kemasan Produk UMKM di Wilayah Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. JURNAL APLIKASI DAN INOVASI IPTEKS “SOLIDITAS” (J-SOLID), 4(1), 69. https://doi.org/10.31328/js.v4i1.1732

Anam, C., Nur Rochman, A., Fauzi, A., Nindyapuspa, A., Khadafi, S., Desain Produk, J., Komputer, S., & Teknologi Adhi Tama Surabaya -Jl Arief Rahman Hakim, I. (2019). Perancangan Desain Logo “R3-Viora” sebagai Identitas Baru UKM Viora Collection, Tanggulangin, Sidoarjo. JAST : Jurnal Aplikasi Sains Dan Teknologi, 3(1), 50–59. https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/jast

Arifudin, D., Heryanti, L., & Pramesti, D. (2021). Pelatihan Desain Mockup Dan Logo Sebagai Branding Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Bagi UMKM. 5(5), 2640–2651. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5847

Aswan, R. (2020). Analisis Bentuk, Makna, Dan Nilai Filosofis Pada Desain Logo Kedatuan Luwu Ke-XL: Vol. XIII (Issue 1).

Diana Laksmi, Diana, L., Amini, N. P., Ahsan, A. D., Revandra, M., & Harum, A. (2020). Upaya Branding UMKM Kelurahan Dukuh Sutorejo Dengan Pembuatan Desain Logo Dan Kartu Nama.

Hiswara, A., & Noe’man, D. A. (2021). Published by Faculty of Computer Science-Universitas Bhayangkara Jakarta Raya This Journal is available in Universitas Bhayangkara Jakarta Raya online. Journals Journal of Computer Science Contributions, 2(1).

Januariyansah, S. (2020). Analisis Desain Logo Berdasarkan Teori: Efektif Dan Efisien Requirements Study Of Automotive Skills Program Instructor Development View project. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.20543.97448

Kurniawan, B., Romzi, M., Studi Manajemen Informatika, P., Mahakarya Asia Jalan Jenderal Ahmad Yani No, U., Baru, T., Baturaja Timur, K., Ogan Komering Ulu, K., & Selatan, S. (2022). Pelatihan Desain Logo Dan Vector Sebagai Peluang Wirausaha Mahasiswa Di Dalam Industri Kreatif. Indonesian Community Service and Empowerment Journal (IComSE), 3, 287–292.

Lubis, I., Lubis, H., Effendy, M. F., Zulkirahmadhani, D., Putri, M. I., & Aslamiyah, R. (2022). Pembuatan Desain Logo Dan Kemasan Susu Kedelai Serta Pemasaran Produk Berbasis Sosial Media. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1.

Marlein Tamtelahitu, T., Luturmas, J., Batlajery, V., Sameaputty, C., & Augustyn, A. N. A. (2021). Pelatihan Teknik Desain Logo Kemasan, Pengemasan Dan Pemasaran Produk Di Kelompok Mama Romi. 4(3). https://doi.org/10.36257/apts.vxix

Mulyani, S., Fadli, R., & Seta, A. B. (2023). Pelatihan Pembuatan Logo Produk guna Mengoptimalkan Peluang Bisnis pada Remaja RT 02 RW 13 Kelurahan Rangkapan Jaya Lama Kota Depok. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(1), 134–139. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i1.129

Mutiarani, R. A., Novitasari, D., & Gede Andika, I. (2020). PERANCANGAN DESAIN LOGO UNTUK APLIKASI WEB DAN ANDROID “NULISBALI.” In Jurnal Nawala Visual (Vol. 2, Issue 1). Online. https://jurnal.std-bali.ac.id/index.php/nawalavisual

Oscario, A. (2019). Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Brand.

Setiawan, T., & Hendro Aryo Putro, F. (2020). Pemanfaatan Gaphics Designer Software Canva Untuk Meningkatkan Kreatifitas Promosi Produk Umkm Di Cepogo Boyolali. www.canva.com

Ula, R., Fauzi, A., Citaningtyas, D., Kadi, A., Indah, I., Ningrum, P., Marisa, P. I., & Anggraida, R. W. (2022). Pembuatan Logo, Peningkatan Marketing Online Inovation, Dan Pembukuan Sederhana Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Di Toko Kelontong Vian Cell Kelurahan Kejuron Kecamatan Taman Kota Madiun. Jurnal Abdi Panca Marga, 3(1). https://ejournal.upm.ac.id/index.php/abdipancamarga.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.9973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: