Pelatihan Digital Branding untuk Optimalisasi Penjualan Produk di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong
Sentot Kusairi, Ahmad Taufiq, Arif Hidayat, Helmi Muhammad, Lya Rizka Herawati
Abstract
Tim pengabdian FMIPA UM telah berhasil melaksanakan pelatihan digital branding dalam rangka peningkatan penjualan produk di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong. Kegiatan ini dilaksanakan karena SDM di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong belum mampu untuk membranding dan memasarkan produk dengan memanfaatkan media digital. Oleh karena itu, dilaksanakan pelatihan digital branding dengan tujuan untuk melatih SDM di Pondok Pesantren agar dapat memperkenalkan produk-produk hasil dari Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong dengan memanfaatkan media digital sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas. Tujuan lainnya juga untuk menumbuhkan jiwa berwirausaha sejak dini kepada santri. Kegiatan ini dilaksanakan dengan pemberian pelatihan sebanyak dua kali yang bertempat di Universitas Negeri Malang dan Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong. Peserta kegiatan pelatihan ini adalah para tenaga pendidik dan para santri di lingkungan Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya penjualan produk karena menggunakan media digital untuk membranding produk yang dijual dan juga para santri memiliki kesadaran sejak dini untuk berwirausaha.