PERSEPSI DAN MOTIVASI GENERASI MUDA MILENIAL TERHADAP PEKERJAAN DI SEKTOR PERTANIAN (Studi Kasus Peserta Program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP) Universitas Siliwangi)

Hendar Nuryaman, Suyudi Suyudi, Eri Cahrial

Abstract


Generasi muda milenila saat ini mulai asing dengan pertanian, terlihat dengan semakin berkurangnya anak muda yang bekerja di sektor pertanian. Kurang tertariknya generasi muda terhadap pekerjaan di sektor pertanian salahsatunya disebabkan oleh persepsi mereka terhadap sektor pertanian yang kurang menjanjikan, sehingga minat untuk mengembangkan potensi pertanian bagi masa depan tidak tertanam dalam pola fikir generasi muda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui persepsi, motivasi dan ekspektasi generasi muda milenial terhadap pekerjaan di sektor pertanian; 2) Mengetahui Faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab berkurangnya minat generasi muda milenial untuk bekerja di sektor pertanian. Penelitian dilakukan pada 42 orang lulusan Fakultas Pertanian Universitas Siliwangi yang mengikuti program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP) Kementerian Pertanian tahun 2018-2020 yang tersebar di Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis dengan menggunakan Metode Survei. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang dikuantitatifkan. Hasil penelitian menunjukkan Persepsi dan motivasi generasi muda milenial yang mengikuti program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP) terhadap pekerjaan di sektor pertanian termasuk kategori Tinggi. Sedangkan Ekspektasi generasi muda milenial yang mengikuti program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP) terhadap pekerjaan di sektor pertanian termasuk kategori Sangat Tinggi. Faktor-faktor yang menjadi penyebab berkurangnya minat generasi muda milenial yang mengikuti program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP) untuk bekerja di sektor pertanian terdiri dari Dukungan orang tua yang tidak sepenuhnya, Adanya rasa gengsi bekerja di sektor pertanian, Penghasilan yang tidak menentu, Membutuhkan modal yang besar, Membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih besar, Merasa tidak sesuai dengan jenjang pendidikan yang telah ditempuh.

Keywords


Generasi Muda, Persepsi, Motivasi, Ekpektasi, Sektor Pertanian

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Hutapea, H.D. 2016. The perception of acounting student about the factor wich of carieer selection (empiris study: accounting studen in medan north sumatra). Munich personal RePEc archive. Medan.

Gomes, F. Cardoso. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Keempat. Yogyakarta. CV. ANDI.

Irianto, A. 2005. Born to Win Kunci Sukses Yang Takpernah Gagal. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Nazir, M. 2011. Metode penelitian. Ghalia Indonesia. Bogor.

Ningrum, Vanda, Gutomo Bayu Aji, Makmuri Sukarno, Yb Widodo, & Anggi Afriansyah. 2016. Pemuda Dan Pertanian Dalam Keberlanjutan Kedaulatan Pangan; Studi Kasus Lampung Tengah Dan Cilacap.

Nugraha, Yogaprasta A. & Herawati, R. 2015. Menguak Realitas Orang Muda Sektor Pertanian Di Perdesaan. Jurnal Analisis Sosial 19(1): 27–38.

Ogbeide, Osadebamwen Anthony, Ideba Ele, And Emmanuel Ikheloa. 2015. Young People and Agricultural Employment: Locality and Interest Factors. Mayfair Journal of Agriculture Development in Emerging Economies 1(1): 1–13.

Rachmat Hendayana. 2014. Persepsi dan Adopsi Teknologi. Modul dalam kegiatan Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Peneliti Sosial Ekonomi Dalam Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Bogor.

Rasmikayati, E. Setiawan, I. dan Saefudin, B. R. 2017. Kajian Karakteristik, Perilaku Dan Faktor Pendorong Petani Muda Terlibat Dalam Agribisnis Pada Era Pasar Global. Mimbar Agribisnis 3(2): 134–49.

Robbins SP. 2002. Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. Jakarta. Erlangga

Sembara, R. 2009. Menurunnya Minat Siswa dalam Studi Pertanian. Melalui :http://www.repository.ipb.ac.id/.../PKM-GT09.Penurunan-MinatRayIPB.html Diakses (1/05/21)

Sjamsir, Z. 2017. Pembangunan Pertanian Dalam Pusaran Kearifan Lokal. CV Sah Media. Makasar.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Suprayogi, O. G. I., Noor, T. I., & Yusuf, M. N. 2018. Persepsi Dan Minat Mahasiswa Program Studi Agribisnis Universitas Galuh Ciamis Untuk Berkarir Di Bidang Pertanian (Suatu Kasus Di Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Galuh Ciamis). Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH 6 (3): 517-531

Susilowati, Sri Hery. 2016. Fenomena Penuaan Petani Dan Berkurangnya Tenaga Kerja Muda Serta Implikasinya Bagi Kebijakan Pembangunan Pertanian. Forum Penelitian Agro Ekonomi 34(1): 35–55.

Undang Undang No. 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan. Jakarta

Werembinan, C. S., Pakasi, C. B. D., & Pangemanan, L. R. J. 2018. Persepsi Generasi Muda Terhadap Kegiatan Pertanian Di Kelurahan Buha Kecamatan Mapanget Kota Manado. Agri-Sosioekonomi, 14(3), 123. https://doi.org/10.35791/agrsosek.14.3.2018.21542

White, Ben. 2012. Agriculture and The Generation Problem: Rural Youth, Employment and The Future of Farming. IDS Bulletin 43(6):9–19.

Yoshinta. 2015. Persepsi Remaja terhadap Pekerjaan di Sektor Pertanian Padi Sawah di Desa Cileungsi Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. http://repository.usu.ac.id/handle/ 123456789/33613 diakses 23 Maret 2021.

Yusuf, M. 2017. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Gabungan. Prenada Media. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i2.10041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: