PERAN PENYULUH PERTANIAN TERHADAP PRODUKSI KOPI DI DESA BENJOR KECAMATAN TUMPANG KABUPATEN MALANG

Mila Familiyah, Asriandi Asriandi, Glenn Anggoro Pranana Indarto, Angelica Paendong, Nurhalizah Nurhalizah, Muh Tri Alqadri Ramadhan Fauzi

Abstract


Penyuluhan pertanian merupakan bagian dari kebijaksanaan yang digunakan untuk mendorong pembangunan pertanian. Penyuluhan sebagai pendidik untuk meningkatkan wawasan serta mendorong semangat petani agar dapat mengelola usahatani seacara efektif, efisien dan ekonomis. Mengingat keterampilan dan pembelajaran sangat diperlukan dalam pengolahan, sehingga perlu untuk diketahui peran penyuluh pertanian terhadap petani kopi yang ada di Desa Benjor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penyuluh pertanian terhadap produksi kopi di Desa Benjor, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian terdiri dari data primer diperoleh melalui dari observasi langsung di tempat penelitian, pembagian kuesioner dan wawancara kepada responden. Data sekunder diperoleh dari sumber-sumber lain seperti internet, jurnal, buku, atau instansi terkait. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang tediri dari satu informan kunci, 8 informan utama dan 2 informan pendukung. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penyuluh pertanian di Desa Benjor telah berperan aktif dalam pelaksanan penyuluhan dengan berbagai metode yang menyesuaikan kondisi masyarakat petani. 

Keywords


peran, penyuluh pertanian, produksi,kopi

References


Abdullah, A.A., Rahmawati, D., Panigoro, M.A., Syukur, R.R., Khali, J., Agribisnis, J., (2021). Peran penyuluh pertanian terhadap meningkatkan partisipasi petani di desa ilomangga kecamatan tabongo. Agrinesia, 5, 1–7. Gorontalo, U. N.

Apsari, N.C., Gutama, A.S., Nurwati, N., Wibowo, H., Resnawaty, R., Darwis, R.S., Humaedi, S. (2017). Pemberdayaan Petani Kopi Melalui Penguatan Kapasitas Dalam Pengolahan Hasil Kopi Di Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kab. Sumedang. Penelitian Dan PPM, 4(2), 290–296.

Bahtra, N., Mujiburrahmad, M., & Abdullah, O.N. (2021). Peran Penyuluh Pertanian dalam Pengembangan Kelompok Tani Tanaman Kopi di Kecamatan Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 6(3), 17–22.

Heru F.A., Mustopa M.B.D., & Iswarini, H. (2015). Kendala Penyuluhan Dalam Melaksanakan Aktivitas Penyuluhan Pada Usahatani Kopi Di Kecamatan Dempo Utara Kota Pagar Alam. Jurnal Societa, 4(2), 105–110.

Kansrini, Y., Febrimeli, D., Puji, D., & Mulyani, W. (2020). Peran Penyuluh Pertanian Lapangan (Ppl) Dalam Mendukung Adopsi Budidaya Tanaman Kopi Arabika Yang Baik (Good Agriculture Practices) Oleh Petani Di Kabupaten Tapanuli Selatan. Agrica Extensia, Vol. 14(No. 1), 54–65.

Khaeroni, K. (2018). Kehidupan Sosial Ekonomi Petani Kopi di Desa Kadindi Dompu. Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan Dan Inovator Pendidikan, 5(1), 56–70.

Konshina, G.A., Dubovskii, V.P., & Efremov, G.R. 2021. Sistem Penyuluhan Pertanian Suatu Pendekatan Pertanian Berbasis. Romadi, Ugik Warn (Vol. 13).

Novianda, F.K., Saidah, Z., Hapsari, H., & Wulandari, E. (2021). Pengaruh Peran Penyuluh Pertanian terhadap Tingkat Produksi Usahatani Jagung. Jurnal Penyuluhan, 17(2), 113–125.

Saputri, R.D., Anantanyu, S., & Wjianto, A. (2016). Perkembangan Kelompok Tani Di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Agrista, 4(3), 341–352.

Sidauruk, F.H., Syamar, E., & Kausar. (2016). Persepsi Penyuluh dan Petani Terhadap Pentingnya Peran Penyuluhan Perkebunan Kopi Arabika di Kecamatan Purba Kabupaten Sima. Tjyybjb.Ac.Cn, 18(2), 33–37.

Sulandjari, K., & Muhyiddin, Y. (2020). Peranan Penyuluh Pertanian Perusahaan Swasta (Kasus di Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat). Jurnal Agrimanex: Agribusiness, Rural Management, and Development Extension, 1(1).

Umbara, D.S., Sulistoyowati, L., Noor, T. I., & Setiawan, I. (2021). Persepsi Penyuluh Terhadap Strategi Komunikasi Dalam Pemanfatan Media Informasi Di Era Digital Di Kabupaten Tasikmalaya. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(2)




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i2.10065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: