POLA KONSUMSI DAN KEPUASAN KONSUMEN IKAN KALENG PADA TINGKAT RUMAH TANGGA DI PASAR TRADISIONAL BANDAR LAMPUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola konsumsi dan kepuasan konsumen terhadap ikan kaleng. Penelitian ini dilakukan di tiga pasar tradisional yang ada di Kota Bandar Lampung yaitu Pasar Rajabasa, Pasar Koga, Pasar Way Halim, dan Pasar Tugu. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 40 orang ibu rumah tangga yang mengkonsumsi ikan kaleng. Pengumpulan data penelitian dilakukan pada bulan Juni hingga Agustus 2022. Pola konsumsi ikan kaleng dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif, sedangkan kepuasan konsumen ikan kaleng dianalisis menggunakan Indeks Kepuasan Konsumen (IHK) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola konsumsi konsumen ikan kaleng di pasar tradisional Kota Bandar Lampung memiliki frekuensi konsumsi 2 kali/bulan dengan total konsumsi 2 kaleng/bulan. Merek ikan kaleng yang paling banyak dikonsumsi adalah merek ABC. Konsumen lebih menyukai kemasan ikan kaleng ukuran besar dan jenis ikan yang paling disukai adalah ikan sarden. Tingkat kepuasan konsumen terhadap ikan kaleng di pasar tradisional Kota Bandar Lampung sebesar 82,8 persen yang berarti konsumen merasa puas terhadap produk ikan kaleng. Atribut yang menjadi prioritas perbaikan adalah jumlah ikan per kemasan dan harga ikan kaleng.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i2.10304
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________________________
Diterbitkan Oleh :
FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH
Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274
Telepon: 0265-2754011
Email: agroinfogaluh@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
__________________________________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: