ANALISIS NILAI TAMBAH DAN KINERJA PRODUKSI AGROINDUSTRI ROTI MAYANG SARI DI BANDAR LAMPUNG

I Wayan Preda Kusuma Wijaya Wijaya, Muhammad Irfan Affandi Affandi, Yaktiworo Indriani Indriani

Abstract


Industri roti merupakan salah satu industri makanan yang memiliki potensi sehingga dapat terus dikembangkan khususnya di Bandar Lampung. Meningkatnya permintaan roti mengakibatkanbanyak usaha kecil menengah berinovasi untuk memenuhi permintaan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja produksi dan nilai tambah agroimdustri roti.  Penelitian ini dilakukan di Agroindustri Mayang Sari Kota Bandar Lampung. Pengambilan data dilakukan pada bulan Oktober-Desember 2021. Responden dalam penelitian ini adalah pemilik Agroindustri Mayang Sari. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif untuk mengetahuikinerja produksi dan nilai tambah Agroindustri Mayang Sari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja produksi Agroindustri Mayang Sari berdasarkan produktivitas, kapasitas, dan keuntungan termasuk dalam kriteria baik. Agroindustri Mayang Sari memberikan nilai tambah positif pada tepung terigu Rp35.666,34 per produksi dengan rasio nilai tambah 45,86 sehingga Agroindustri Mayang Sari layak dikembangkan.

Keywords


agroindustri, kinerja, nilai tambah, roti

References


Ahyadi, A., dan Lamusa, A. (2016). Analisis nilai tambah kue pia pada industri rumah tangga karya “An-Nur” di Kota Palu. Agrotekbis: E-Jurnal Ilmu Pertanian, 4(5): 579-586.

Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung. (2020). Jumlah UMKM Provinsi Lampung. Lampung: Dinas Koperasi dan UMKM.

Aprilia, N., Affandi, M. I., dan Kasymir, W. A. (2020). Analisis rantai pasok dan nilai tambah agroindustri kelanting di Desa Gantimulyo Kecamatan Pekalongan Lampung Timur. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 9(1): 66-74.

Fermadi, O., Prasmatiwi, F.E., dan Kasymir, E. (2015). Analisis efisiensi produksi dan keuntungan usahatani jagung di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan. Journal of Agribusiness Science, 3(1): 60-65.

Gilarso, S.J. (2003). Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Hayami Y., Thosinori, M., dan Masdjidin S. (1987). Agricultural Markerting and Processing in Upland Java. A prospectif From A Sunda Village. Bogor. Gramedia.

Mantra, I.B. (2004). Filsafat Penelitian dan Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Prasetya, H. dan Lukiastuti, F. (2009). Manajemen Operasi. Yogyakarta: Media Pressindo.

Pujawan, I.Y. (2005). Supply Chain Management. Surabaya: Guna Widya.

Sagala, I. C., Affandi, M. I., dan Ibnu, M. (2013). Kinerja usaha agroindustri kelanting di desa karang anyar kecamatan gedongtataan kabupaten pesawaran. Journal of Agribusiness Science, 1(1): 60-65.

Sari, Y. D., Hasyim, A. I., dan Widjaya, S. (2018). Rantai pasok dan nilai tambah keripik nangka pada agroindustri keripik panda alami di Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 6(3): 257-256.

Silaen, S., dan Widiyono. 2013. Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: In Media.

Zukryandry, Z., Fitri, A., dan Hidayat, B. (2021). Added value and consumer attitudes brownies products from high protein cassava flour. Agrimor, 6(2): 53-59.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i2.10364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: