VALUASI EKONOMI WISATA AIR TERJUN CURUP KERETA DI KECAMATAN UMPU SEMENGUK KABUPATEN WAY KANAN MENGGUNAKAN TRAVEL COST METHOD

Harun Taufik, Fembriarti Erry Prasmatiwi, Novi Rosanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi jumlah kunjungan dan menghitung nilai ekonomi wisata Air Terjun Curup Kereta berdasarkan analisis biaya perjalanan. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja di kawasan wisata Air Terjun Curup Kereta, Kecamatan Umpu Semenguk, Kabupaten Way Kanan. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan responden berjumlah 67 orang yang dipilih berdasarkan accidental sampling. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus sampai september 2022. Metode regresi linier berganda dipakai untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah kunjungan, sedangkan untuk menghitung nilai ekonomi wisata ditentukan dengan metode biaya perjalanan. Hasil penelitian ini menunjukan nilai rata-rata biaya perjalanan sebesar Rp80.312 per orang per kunjungan dengan biaya tertinggi yaitu biaya transportasi Rp31.021 atau 38,62 persen. Jumlah kunjungan wisata Air Terjun Curup Kereta dipengaruhi oleh biaya perjalanan yang dikeluarkan oleh wisatawan, pendapatan pengunjung, umur, jarak tempat tinggal menuju kawasan wisata, sarana dan prasarana yang tersedia di wisata Air Terjun Curup Kereta. Total nilai ekonomi wisata Air Terjun Kereta Curup adalah Rp1.529.199.667 per tahun.

Keywords


nilai ekonomi, metode biaya perjalanan, Curup Kereta, pengunjung

References


Al-Khoiriah, R., Prasmatiwi, F.E., Affandi, M. I. (2017). Valuasi Ekonomi dengan Metode1Travel Cost pada Taman Wisata Pulau Pahawang Kabupaten Pesawaran. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 5 (4). 410—412.

Arifah, E., Abidin, Z., Marlina L. (2019). Valuasi Ekonomi Kawasan Wisata Pulau Pisang Kabupaten Pesisir Barat. Jurnal Ilmu –Ilmu Agribisnis, 7(4): 564-547.

Arjana. (2011). Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Rajawali Pers. Jakarta.

Sobari, M. P., Gatot, Y., & Desi, N. (2006). Analisis Permintaan Rekreasi dan Strategi Pengembangan Wisata Bahari Pantai Kalianda Resort, Kabupaten Lampung Selatan. Buletin Ekonomi Perikanan, 6(3): 26-39.

Fauzi, A. (2006). Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Gujarati, Damodar N. (2006). Ekonometrika Dasar. Erlangga Jakarta:

Huda, A., Abidin, Z., dan Rosanti N. (2022). Valuasi Ekonomi Pada Wisata Alam Curug Gangsa Di Kecamatan Kasui, Kabupaten Way Kanan Dengan Metode Biaya Perjalanan (Travel Cost Method). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 9(3): 1259-1272.

Mahardika, D. A., Arifin, B., & Nugraha, A. (2020). Nilai Ekonomi Objek Wisata Berbasis Jasa Edukasi Pertanian di Sentulfresh Indonesia Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis:. 7(4): 474-482.

Maulana, R. R., Arifin, B., dan Abidin Z. (2021). Valuasi Ekonomi Youth Camp di Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman (Tahura War). Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 9(3): 440-446.

Novita, S., Abidin, Z., dan Kasymir E. (2022). Valuasi Ekonomi Dengan Metode Travel Cost Pada Wisata Taman Keanekaragaman Hayati Kabupaten Mesuji. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis, 10(2): 217-224.

Parmawati, R. (2019). Valuasi Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Menuju Ekonomi Hijau. UB Press. Jakarta.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sukwika, T., & Kasih, H. (2020). Valuasi ekonomi taman wisata alam gunung pancar kabupaten Bogor. Jurnal Destinasi Pariwisata, 8(2) : 285-290.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i2.10375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: