KORELASI MEDIA KOMUNIKASI DNEGAN PENINGKATAN PRODUKSI SAYUR KUBIS DI DESA NOGOSAREN KECAMATAN GETASAN

Yulia Fita Febby

Abstract


Keberadaan teknologi sebagai media komunikasi menjadi salah satu bagian dalam perkembangan produksi komoditas di sector pertanian. Produksi sayur kubis di Jawa Tengah merupakan produksi yang terbesar setelah kentang sehingga dapat menjadi salah satu komoditas yang menjanjikan dan potensial untuk dikembangkan menjadi sumber penghasilan. Kecamatan Getasan merupakan salah satu sentra produksi sayur kubis terbesar di Jawa Tengah tepatnya di Desa Nogosaren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan media komunikasi dalam mempengaruhi produksi sayur kubis di Desa Nogosaren Kecamatan Getasan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif dan pengambilan data dilakukan melalui wawancara dengan panduan kuesioner menggunakan skala likert. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling yaitu petani di Desa Nogosaren sebagai petani yang membudidayakan sayur kubis. Jumlah sampel yang diambil adalah 40 orang petani. Variabel dalam penelitian ini adalah smartphone, radio, televisi dan koran. Data dianalisisis menggunakan uji korelasi rank spearman. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media komunikasi yaitu smartphone, radio, koran dan televisi tidak memiliki hubungan dengan produksi sayur kubis di Desa Nogosaren.

Keywords


smartphone, radio, televisi, koran, Desa Nogosaren

References


Ach. Haris Abdi, M., Djuara P., L., & Istiqlaliyah, M. (2022). Hubunga Saluran Komunikasi dengan Persepsi tentang Inovasi Teknologi Geomembrane pada Produksi Garam di Kabupaten Sumenep. Komunikasi Pembangunan. 20 (02) : 169–280.

Andi, Y., Labatar, S. C., Ketahanan, B., Intan, P., Tinggi, S., Pertanian, P., & Manokwari, S. (2017). Prafi Kabupaten Manokwari Utilizing Smartphone As A Source Of Agricultural Information By Farmer Group In Desa Y Vilage Prafi District Manokwari Regency. 8 (2) : 27–37.

Bima Pradana, S. (2018). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Penyuluh. Agrica.

Charina, A., Adriani, R., Sadeli, A. H., & Deliana, Y. (2019). Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Agribisnis Sayuran Organik. Agricore: Jurnal Agribisnis Dan Sosial Ekonomi Pertanian Unpad. 2 (1).

Chandika Faidza Rika, Subejo dan Harsyono. 2017. Efektivitas Televisi Sebagai Sumber Informasi Pertanian Bagi Petani Kawasan Peri-Urban di Kabupaten Sleman. Repository UGM. Yogyakarta.

Harahap, A. R. 2017. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pemenuhan Informasi Bagi Rumah Tangga Usaha Pertanian di Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan. 17 (2) : 77.

Hartono, Sunardi, S., Kartinaty, T., & Marsusi, R. 2019. Teknologi Budidaya Kubis (Brassica Oleracea L.) Dataran Rendah. In Jurnal Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Barat (pp. 1–10).

Rasyid, A. 2012. Metode Komunikasi Penyuluhan pada Petani Sawah. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 1–55.

Rusdy, S. A., & Sunartomo, A. F. 2020. Proses Komunikasi Dalam Penyuluhan Pertanian Program System Of Rice Intensification (SRI). Jurnal KIRANA. 1 (1).

Subejo, S., Wati, R. I., Kriska, M., Akhda, N. T., Kristian, A. I., Wimatsari, A. D., & Penggalih, P. M. 2018. Akses, Penggunaan Dan Faktor Penentu Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Kawasan Pertanian Komersial Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Di Perdesaan Yogyakarta. Jurnal Ketahanan Nasional. 24 (1), 60.

Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i2.10385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: