ANALISIS FUNGSI PRODUKSI KERIPIK PISANG MENGGUNAKAN METODE COBB DOUGLAS PADA UPPKS LESTARI DI KECAMATAN CIPAKU KABUPATEN CIAMIS

Yusup Kurnia, Enjang Nursolih, Endang Rustendi

Abstract


Dalam situasi perekonomian global yang tidak menentu, para pelaku industri berusaha untuk mempertahankan dan meningkatkan produksi perusahaan yang sedang dijalankan. Usaha mempertahankan dan meningkatkan produksi dapat dilaksanakan dengan baik apabila terdapat perencanaan produksi yang baik serta dukungan dari faktor internal dan eksternal perusahaan. Aktivitas produksi bukan sekedar sebagai aktivitas mentransformasikan input menjadi output, tetapi sebagai aktivitas penciptaan nilai tambah (value added). Pemahaman terhadap nilai tambah sangatlah penting agar dalam setiap aktivitas berproduksi selalu menghindari waste (pemborosan).Dengan menggunakan metode Cobb Douglas untuk menganalisis fungsi produksi keripik pisang. Fungsi produksi Cobb Douglas Adalah suatu fungsi atau persamaan yang melibatkan variabel dependen dan Dua atau lebih variabel independen dan juga menggunakan proses antara input dan output. Pemahaman fungsi produksi adalah salah satu faktor penting dalam melakukan perencanaan yang optimal.Tujuannya untuk mengetahui pengaruh input terhadap output, mengetahui elastisitas input terhadap output dan untuk mengetahui kondisi return to scale berdasarkan fungsi produksi Cobb Douglas.Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa variabel X1 (modal), X2 (bahan baku), dan X3 (tenaga kerja) berpengaruh secara signifikan terhadap Variabel Y (keripik pisang). Besarnya elastisitas X1 (modal) terhadap keripik pisang sebesar 0,265, besarnya Elastisitas X2 (bahan baku) terhadap keripik pisang sebesar 0,342, besarnya Elastisitas X3 (tenaga kerja) terhadap keripik pisang sebesar 0,593. Kondisi UPPKS periode 2018 – 2019 jika dilihat dari Skala hasilnya berada dalam kondisi increasing return to scale. Hasil Analisis menunjukkan bahwa parameter b + c + d = 1,2 lebih besar dari 1.

Keywords


Sistem produksi, asumsi klasik, hipotesis, koefisien determinasi, elastisitas output, return to scale, cobb douglas.

References


Amar, Syamsul. 1997. “Analisis Fungsi Poduksi Cobb-Douglas Pada Kegiatan Industri Kecil di Sumatera Barat”. Forum Pendidikan IKIP Padang No. 4, 378- 389.

Arsyad, Lincolin. 2008. Ekonomi Manajerial : Ekonomi Mikro Terapan Untuk Manajemen Bisnis. Yogyakarta : BPFE. Gaspersz, Vincent. 1996. Ekonomi Manajerial : Penerapan Konsep – Konsep Ekonomi Dalam Manajemen Bisnis Total. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Joesron dan Fathorrazi. 2012. Teori Ekonomi Mikro:Dilengkapi Beberapa Fungsi Produksi. Yogyakarta : Graha Ilmu. Jogiyanto. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis : Salah Kaprah dan Pengalaman – Pengalaman. Yogyakarta : BPFE.

Kuncoro, Mudrajat. 2009. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi,Cetakan III. Yogyakarta : Erlangga.

Masyhuri. 2007. Ekonomi Mikro. Yogyakarta : Sukses Offset.

Nicholson, Walter. 1994. (terj. Danny Hutabarat). Mikroekonomi Intermediate Dan Penerapannya. Jakarta : Erlangga.

Ramadhani, Yuliastuti. 2001. “Analisis Efisiensi, Skala dan Elastisitas Produksi Dengan Pendekatan Cobb-Douglas dan Regresi Berganda,” Jurnal Teknologi, Volume 4 Nomor 1, 6 (Juni), 61-53.

Sanusi, Anwar. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta : Salemba Empat.

Sekaran, Uma. 2006. (terj. Kwan Men Yon). Research Methods For Business : Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Jakarta : Salemba Empat.

Soekartawi. 1990. Teori Ekonomi Produksi : Dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cobb-Douglas. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Supomo dan Indriantoro. 2009. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Dan Manajemen. Yogyakarta : BPFE.

Umar, Husein. 2005. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta : PT. Raja Graffindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i2.10513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: