STRATEGI PEMASARAN JAMUR TIRAM PADA PERUSAHAAN PUTRA PANENGAH DI DESA KERTAHARJA KECAMATAN CIJEUNGJING KABUPATEN CIAMIS

Bangkit Prasetya Dharmawan, Dini Rochdiani, Budi Setia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal (kekuatan dan kelamahan) dan eksternal (peluang dan ancaman), merumuskan rekomendasi strategi pemasaran jamur tiram di Desa Kertaharja Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus pada usaha jamur tiram putra panengah . Responden dalam penelitian ini terdiri dari 3 orang karyawan yang di ambil secara sampel jenuh, dan konsumen jamur tiram sebanyak 5 orang diambil secara purposive. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Strength, Weakneses, Opportunity, Threats (SWOT) Analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor kekuatannya adalah kualitas produk baik, sudah memiliki label perusahaan, modal usaha baik, bisa diolah menjadi macam macam produk. Kelemahannya yaitu belum adanya pembukuan yang jelas, adakala terjadi gagal panen, sering kekurangan media tanam, promosi dan iklan masih belum maksimal. Faktor ekstrnal peluangnya adalah permintaan jamur tiram banyak, adanya pelanggan setia, daya beli masyarakat besar terhadap jamur tiram, semakin meningkatnya selera masyarakat terhadap jamur tiram. Ancamannya yaitu pengaruh pergantian musim/cuaca terhadap usaha jamur tiram, adanya persaingan antar petani/pasar. Rekomendasi strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan “putra panengah” dalam memasarkan jamur tiramnya ada 11 rekomendasi strategi yang dapat dijalankan sesuai kondisi perusahaan.

References


Agustina, S. (2020). Manajemen Pemasaran : Manajemen Pemasaran Modern. Management Pemasaran, 9(2), 26.

Coman A., and Ronen, B. 2009. Focused SWOT: Diagnosing critical strengths and weaknesses. International Journal of Production Research, 47 (20): 5677–5689.

Erpan, H., Soetoro, & Tito, H. (2017). Strategi pemasaran jamur tiram (Studi Kasus Pada Perusahaan Margi Mulyo di Desa Adimulya Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap). IImiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, 4(3), 338–343.

Febri Nur Pramudya dan Indra Cahyadinata 2012. Analisis Usaha Budidaya Jamur Tiram Putih (Pleurotus Ostreatus) Di Kecamatan Curup Tengah Kabupaten Rejang Lebong. Agrisep Vol. 11 No. 2 September 2012 Hal: 237 – 250

Irnawati, j. 2020. Strategi Pemasaran E-commerce Untuk Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus UMKM di Kota Tangerang Selatan). Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, Vol. 4, No. 2, Desember 2020: 160 – 170

Istiqomah dan Andriyanto, I. 2019. Analisis SWOT Dalam Pengambangan Bisnis (Studi Pada Sentra Jenang Di Desa Wisata Kaliputu Kudus). Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam. Vol. 5 No. 2

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran,

Edisi 13. Jakarta; Erlangga

Kasmir, Pemasaran Bank, Kencana, (Jakarta : 2004), hal. 68

Nilasari. (2014). Manajemen Strategi Itu Gampang. Jakarta: Dunia Cerdas

Noviarny Anggasta Lara Sumarlan, Iskandarini, Lily Fauzia. Strategi Pemasaran Jamur Tiram Putih (Pleurotus Sp) Di Kota Medan

Priangani A, 2013. Memperkuat Manajemen Pemasaran Dalam Konteks Persaingan Global. Jurnal Kebangsaan, Vol.2 No.4

Putri, B. R. T. 2017. Manajemen Pemasaran.

Rusdiati, K., Lalu. A. P., Sakti, D. P. B. 2019. Analisis Strategi Pemasaran Pariwisata Di Desa Ketapang Raya Kecamatan Keruak, Lombok Timur. Jurnal JML. Vol. 19 No. 1

Riyanto, S. (2018). Analisis Pengaruh Lingkungan Internal dan Eksternal Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Usaha Kecil Menengah (UMKM) di Madiun. Jurnal Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 159-168

Suryani Rahmat, Nurhidayat, (2011) Untung besar dari Bisnis jamur Tiram. Agromedia pustaka

Syammahfuz Chazali, Putri Sekar Pratiwi (Usaha Jamur Tiram Skala Rumah Tangga). Bogor. Penebar swadaya

Susanthi, P. R. (2017). Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal Dalam Mencapai Tujuan Perusahaan. ejournal STIE Galileo, 36-47.

Umar, H. (2001). Strategic Management in Action. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wirartha, I. M. 2005. Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi. Andi Yogyakarta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. ALFABETA.

Wiratha, I. M. 2005. Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi. Andi Yogyakarta.

Rangkuti, F. 2009. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i2.10679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: