KOMPARASI PENDAPATAN USAHA TANAMAN HIAS DENGAN SISTEM PEMASARAN KONVENSIONAL DAN E-COMMERCE (Studi Kasus Pada Usaha Rumah Tangga Pak Slamet di Desa Pangkalan Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran)
Abstract
Perkembangan usaha tanaman hias saat ini sudah menjadi salah satu induk kemajuan ekonomi yang cukup penting diberbagai wilayah nusantara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya biaya, penerimaan dan pendapatan pada sistem pemasaran konvensional dan e-commerce pada usaha tanaman hias Pak Slamet serta komparasi pendapatan antara sistem pemasaran konvensional dan e-commerce pada usaha tanaman hias Pak Slamet. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif sedangkan untuk metode yang digunakan adalah studi kasus dan untuk penarikan sampel menggunakan purposive sampling (judgement). Berdasarkan hasil penelitian, besarnya biaya pada usaha tanaman hias Pak Slamet pada sistem pemasaran konvensional adalah sebesar Rp 3.318.938/ bulan dan e-commerce sebesar Rp 4.651.217/ bulan. Sedangkan untuk penerimaan konvensional adalah sebesar Rp 8.599.500/ bulan dan penerimaan e-commerce sebesar Rp 12.023.000/bulan. Kemudian untuk pendapatan dari pemasaran konvensional adalah Rp 5.280.562/ bulan dan untuk pendapatan pemasaran e-commerce sebesar Rp 7.371.783/ bulan. Meskipun begitu dua sitem pemasaran ini sangat membantu dalam meningkatkan hasil penjualan pada usaha tanaman hias Pak Slamet.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i2.10688
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________________________
Diterbitkan Oleh :
FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH
Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274
Telepon: 0265-2754011
Email: agroinfogaluh@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
__________________________________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: