ANALISIS KELAYAKAN USAHATANI KACANG TANAH SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP TOTAL PENDAPATAN RUMAH TANGGA PETANI DI DESA WERASARI KECAMATAN SADANANYA KABUPATEN CIAMIS

Hendri Gunari, Agus Yuniawan Isyanto, Muhamad Nurdin Yusuf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Biaya, penerimaan dan pendapatan usahatani kacang tanah di Desa Werasari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis. (2) Kelayakan usahatani kacang tanah di Desa Werasari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis. (3) Kontribusi pendapatan usahatani kacang tanah terhadap total pendapatan rumah tangga petani di Desa Werasari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus pada petani kacang tanah di Desa Werasari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis. Desa Werasari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis ditentukan sebagai lokasi penelitian secara purposive sampling dengan pertimbangan bahwa Desa Werasari merupakan salah satu Desa yang menghasilkan kacang tanah terbanyak di Kecamatan Sadananya. Sedangkan untuk penarikan sampel petani dilakukan secara Random Sampling. Petani kacang tanah di Desa Werasari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis sebanyak 30 orang dan seluruhnya diambil sebagai sampel penelitian atau dilaksanakan sensus. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Besarnya biaya total pada usahatani kacang tanah di Desa Werasari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis Rp 8.244.806,54 per hektar per satu kali musim tanam. Sedangkan penerimaannya adalah Rp 16.800.000 per hektar per satu kali musim tanam, diperoleh dari hasil panen kacang tanah 1.400 kilogram per hektar dengan harga Rp 12.000/kg. Besarnya pendapatan pada usahatani kacang tanah di Desa Werasari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis adalah Rp 8.555.193,46 per hektar per satu kali musim tanam. (2) Besarnya R/C pada usahatani kacang tanah di Desa Werasari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis adalah 2,02. Setiap pengeluaran biasa Rp 1,00 maka petani kacang tanah akan mendapat penerimaan Rp 2,02 sehingga petani kacang tanah memperoleh keuntungan Rp 1,02. Dengan demikian, usahatni kacang tanah di Desa Werasari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis  layak untuk diusahakan. (3) Pendapatan per tahun usahatani kacang tanah sebesar Rp 1.385.941,34,- yang tingkat kontribusi usahatani kacang tanah sebesar 3,82% terhadap pendapatan keluarga dan tergolong pada kategori kecil, karena usahatani kacang tanah di Desa Werasari hanya ditanam satu kali dalam se tahun.

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Ginting J, Mariati. 2014. Respons Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.) Terhadap Pemberian Paclobutrazol Dan Pupuk Kalium. Jurnal Online Agroteknologi. Fakultas Pertanian Usu. Medan.

Luntungan, 2012. Analisis Tingkat Pendapatan Usahatani Tomat Apel di Kecamatan Tompaso Kabupaten Minahasa.

Nazir, M. 2011. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Bogor.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung. Penebar Swadaya.

Suratiyah, K. 2015. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i3.10915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: