PERAN PENYULUH PERTANIAN TEKNOLOGI SAHAJA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PETANI DAN PRODUKTIVITAS BUDIDAYA PADI DI KABUPATEN BULUKUMBA

Muh Nasir, Musran Munizu, Jusni Jusni

Abstract


Kabupaten Bulukumba merupakan sentra produksi yang mempunyai produktifitas untuk pertanian, perkebunan dan persawahan, dilihat dari hasil produksi. Namun, kemampuan petaninya dalam penerapan teknologi budidaya masih dalam ketegori rendah. Kurangnya pengetahuan petani terkait inovasi teknologi budidaya padi diduga karna adanya berbagai faktor sosial sehingga penerapan teknologi budidaya saat ini belum semua petani yang ada di Kecamatan Rilau Ale menerapkan program teknologi (SAHAJA). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran penyuluh pertanian teknologi SAHAJA dalam meningkatkan kompetensi petani dan produktivitas budidaya padi di kabupaten bulukumba. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan statistika non parametrik uji korelasi Rank Spearman dengan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan Peran penyuluh Tehnologi Sahaja berpengaruh terhadap Kompetensi petani  dan Produktivitas  budidaya padi di Kabupaten Bulukumba.

Keywords


Peran Penyuluh Pertanian , Kompetensi Petani , Produktivitas Petani

References


Erdiman. (2013). Teknologi Salibu Meningkatkan Produktivitas Lahan (3-6Ton/Ha/Tahun) dan Pendapatan Petani (Rp.15-25 Juta/Tahun). Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sumtera Barat. Solok

Edison, Emron. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Alfabeta

Faisal, Herry Nur. (2020). Peran Penyuluhan Pertanian Sebagai Upaya Peningkatan Peran Kelompok Tani (Studi Kasus Di Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung). Jurnal Agribis, 6(1) : 46-54

Julio, Guruh. Tarigan, Kelin. Salmiah. (2014). Pengaruh Penyuluhan Terhadap Produksi Usahatani

Stroberi. Journal of Agriculture and Agribusiness Socioeconomics, 3 (6) : 1-13

Makmur. M, Makmur. M and Syam, Husain and Lahming, Lahming. (2019). Peran Penyuluh Pertanian Terhadap Peningkatan Kompetensi Petani Dalam Aktivitas Kelompok Tani Di Desa Rea Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Mayamsari, I dan Mujiburrahmad. (2014). Karakteristik Petani Dan Hubungannya Dengan Kompetensi Petani Lahan Sempit. Jurnal Agrisep, 15 (2): 58-74.

Rushendi, Sarwoprasdjo, S., Retno, S., & Hartati, M. (2016). Pengaruh Saluran Komunikasi Interpersonal Terhadap Keputusan Adopsi Inovasi Pertanian Bioindustri Integrasi Serai Wangi – Ternak di Provinsi Jawa Barat Influence of Interpersonal Communication Media on Adoption Decision of the Integrated Citronella – Live, 34(2) : 135–144.

Sriyadi, Eni Istiyanti Dan Francy. (2015). Evaluasi Penerapan Standard Operating Procedure-Good Agriculture Practice (SOP-GAP) pada Usahatani Padi Organik di Kabupaten Bantul. Jurnal Agraris, 1(2) : 78-84.

Sundari., A. H. A. Yusra dan Nurliza. (2015). Peran Penyuluh Pertanian Terhadap Peningkatan Produksi Usahatani Di Kabupaten Pontianak. Journal Social Economic of Agriculture. 4 (1): 26-31.

Suwarningmas, N. P. W., I. D.P.O. Suwardi dan I.G.S.A. Putra. (2017). Peran Penyuluh Pertanian Dalam Pembinaan Kelompok Wanita Tani (KWT). Jurnal Agribisnis dan Agrowisata, 6 (3): 433-440.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i3.11595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: