STRATEGI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS KOPI ARABIKA TOPIDI DI KELURAHAN BONTOLERUNG KECAMATAN TINGGIMONCONG KABUPATEN GOWA

Hasriani Hasriani

Abstract


Potensi agribisnis kopi di Indonesia yang semakin berkembang, berbanding lurus dengan peluang dan tantangan yang dihadapi. Kabupaten Gowa merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan dengan potensi varietas kopi arabika dengan cita rasa terbaik. Kopi arabika topidi merupakan salah satu jenis kopi arabika yang masuk peringkat 10 besar pada penilaian Cup of Excellence Indonesia tahun 2021. Dibalik pencapaian tersebut, terdapat beberapa kendala yang dihadapi antara lain infrastruktur jalan yang kurang memadai untuk menuju ke lokasi pengambilan kopi arabika topidi, produktivitas rendah karena didominasi oleh kopi robusta dan campuran, kelembagaan petani yang masih lemah, usaha tani kopi arabika yang dilakukan petani masih terbatas pada penjualan biji utuh dan belum sampai kepada tahapan pengolahan, dan pemasaran yang terbatas. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendapatkan rumusan strategi pengembangan agrbisnis kopi arabika  topidi yang ada di Kelurahan Bontolerung Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa. Responden yang digunakan berjumlah 23 orang dari anggota Kelompok Tani Parangmaha yang memiliki usaha tani kopi arabika di Lingkungan Topidi dan 5 responden yang berasal dari stakeholder. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis SWOT dan analisis matriks QSPM. Hasil penelitian ini yaitu prioritas strategi pengembangan agrbisnis kopi arabika topidi dalam hal pengembangan kegiatan usahatani kopi arabika melalui dukungan pemerintah dari aspek kebijakan dan pelayanan yang memadai. Selain itu, opsi strategi lainnya yakni peningkatan pemasaran kopi arabika bukan hanya dalam bentuk green bean tetapi juga dalam bentuk olahan kopi bubuk.

Keywords


Strategi Pengembangan, Kopi Arabika, Topidi, Analisis QSPM

References


Bangun, R. H. B. (2020). Analisis Perwilayahan Komoditas dan Kontribusi Kopi Arabika Terhadap Pembangunan Wilayah Kabupaten Tapanuli Utara. Jurnal Agriuma, 2(April), 1–10.

Diaz Mudzakir Ardiansyah, Sri Tjondro Winarno, Teguh Soedarto. (2022). Strategi Bauran Pemasaran Kopi Organik Desa Sudomulyo Kabupaten Jember. Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH Volume 9, Nomor 3,, 1181–1192.

Erma Yunita Surya Rahman, Mubarokah, Sri Widayanti. (2022). Strategi Pengembangan Kawasan Agropolitan Berbasis Tanaman pangan di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH Volume 9, Nomor 3,, 837–849.

Rangkuti, F. (2008). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rika Hariance, Rudi Febriamansyah, Faidil Tanjung. (2016). Strategi Pengembangan Agribisnis Kopi Robusta di Kabupaten Solok. Jurnal AGRISEP Vol 15 No. 1, Hal 111–126.

Saepul Aziz, Sudrajat, Ivan Sayid Nurahman, R. K. (2021). Strategi Pengembangan Agrbisnis Kopi Robusta untuk Mendukung Pemasaran Biji Kopi Robusta di Kabupaten Ciamis. MIMBAR AGRBISNIS, Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agrbisnis, 7(2), 1526–1536.

Thamrin, S. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Usahatani Kopi Arabika di Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan. Jurnal AGRIC, 26(1), 1–6.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i3.11601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: