ANALISIS KELAYAKAN USAHA DAN NILAI TAMBAH AGROINDUSTRI SALE PISANG UKM BAPAK GOJIN DI DESA KARANGPAWITAN KECAMATAN PADAHERANG KABUPATEN PANGANDARAN

Tika Rai Rahayu, Dini Rochdiani, Budi Setia

Abstract


TIKA RAI RAHAYU. 2023. Analisis Kelayakan Usaha dan Nilai Tambah Agroindustri Sale Pisang UKM Bapak Gojin Di Desa Karangpawitan Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran. Dibawah Bimbingan DINI ROCHDIANI dan BUDI SETIA.Pisang merupakan salah satu tanaman holtikultura yang banyak dikembangkan. Buah pisang banyak dikonsumsi dalam bentuk segar, permasalahan yang tejadi dalam konsumsi pisang dalam bentuk segar adalah mudah rusak dan cepat mengalami perubahan mutu setelah panen. Masyarakat secara tradisional mengawetkan pisang dengan mengolahnya melalui cara dengan pengeringan menjadi sale pisang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi: 1). Kelayakan usaha dari Agroindustri sale pisang UKM Bapak Gojin di Desa Karangpawitan Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran. 2). Nilai tambah buah pisang menjadi sale pisang pada Agroindustri sale pisang UKM Bapak Gojin pada Agroindustri Sale di Desa Karangpawitan Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan metode  kuantitatif dan kualitatif. Teknik penarikan sample dalam penelitian ini dilakukan secara purvosive sampling yaitu pada agroindustri sale pisang UKM Bapak Gojin. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1). Biaya yang dikeluarkan oleh responden agroindustri sale pisang UKM Bapak Gojin dalam satu kali proses produksi yaitu Rp 5.569.200, penerimaan yaitu Rp 7.500.000, pendapatan yaitu Rp 1.930.800. Sehingga, memperoleh nilai R/C sebesar 1,35 per satu kali proses produksi. 2). Nilai tambah yang diperoleh pada agroindustri sale pisang UKM Bapak Gojin yaitu Rp. 2.280,80 per kilogram dalam satu kali proses produksi. Kata Kunci: Kelayakan, Nilai Tambah dan Sale Pisang.

Keywords


Kelayakan, Nilai Tambah dan Sale Pisang.

References


Indradewi, 2016. Pengaruh Teknik Pengeringan Terhadap Kadar Gizi Dan Mutu Organoleptik Sale Pisang (Musa Paradisiaca L.). Diakses Pada 19 Maret 2023. dari https://journal.uinalauddin.ac.id.jurnal farmasi.pdf.

Nazir, M. 2011. Metode Penelitian. Bogor. Penerbit Ghalia Indonesia.

Riki, (2021). Implementasi PT. Petrosida Gresik Dalam Bernegosiasi dengan Kline dan Meningkatkan Efektifitas Negosiasi dari Tingginya persaingan Produsen Pestisida di Departemen Penjualan Koprasi PT. Petrosida Gresik.

Sarlan, Muhamad. 2016. Analisis Ubi Kayu Sebai Bahan Baku Kripik Singkong di Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur. Diakses Pada 16 April 2023. dari https://jurnal.ugr.ac.id.

Putri, dkk. 2015. Pengaruh Konsentrasi CMC (Carboxy Methyl Celullose) dan Lama Penyimpanan Terhadap Mutu Sorbet Sari Buah. Jurnal Rekayasa Pangan dan Pertanian3: 465- 470.

Soekartawi. (2002). Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian: Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 238 hal.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i1.11643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: