ANALISIS SALURAN DISTRIBUSI DAN EFISIENSI PEMASARAN AGROINDUSTRI JAMUR CRISPY

Nia Nurul Syaban, Budi Setia, Tiktiek Kurniawati

Abstract


Kabupaten Ciamis memiliki potensi untuk mengembangkan usaha jamur crispy karena didukung ketersedian bahan baku pada beberapa Kecamatan. Desa Petirhilir Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis terdapat PT Mandiri Cikal Bakti yang merupakan agroindustri jamur crispy. Agar jamur crispy dapat diterima di pasar sasaran dibutuhkan analisis saluran distribusi dan efisiensi pemasaran untuk menentukan saluran mana yang memperoleh keuntungan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Saluran distribusi agroindustri jamur crispy pada PT Mandiri Cikal Bakti, (2) Efisiensi biaya pemasaran dalam setiap saluran distribusi agroindustri jamur crispy pada PT Mandiri Cikal Bakti. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan metode studi kasus dan teknik penarikan sampel menggunakan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa distribusi jamur crispy pada PT Mandiri Cikal Bakti terdiri dari 3 saluran yaitu saluran distribusi I: Produsen → Konsumen Akhir, saluran distribusi II: Produsen → Pedagang Pengecer → Konsumen Akhir dan saluran distribusi III: Produsen → Pedagang Besar → Pedagang Pengecer → Konsumen Akhir. Saluran distribusi jamur crispy pada PT Mandiri Cikal Bakti yang paling efisien adalah saluran distribusi I dengan tingkat efisiensi 16,8%; selanjutnya saluran distribusi II dengan tingkat efisiensi 17,3% dan yang terkecil saluran distribusi III dengan tingkat efisiensi 27,7%

Keywords


Jamur Crispy, Saluran Distribusi, Efisiensi Pemasaran

References


Arifin. 2016. Pengantar Agroindustri. CV Mujahid Press: Bandung.

Khaswarina, S. 2018. Analisis Saluran Pemasaran dan Marjin Pemasaran Bahan Olahan Karet Rakyat (Bokar) di Kabupaten Kampar. Jurnal Sosial Ekonomi, Vol 3 (1).

Kriyantono, R. 2020. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Kuantitatif dan Kualitatif Disertai Contoh Praktis. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.

Nuriati, N. K. 2017. Analisis Efisisensi Saluran Pemasaran Ikan Tongkol Hasil Tangkap Nelayan di Desa Saraya Timur Kecamatan Karangasem. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, Vol 10 (2).

Rahayu, S., Puji, A., Syafrida, A., Riri, W., Susi, E. dan Friyatmi. 2021. Kajian tentang Pemasaran Online untuk Meningkatkan Penjualan di Anne Kamper’s Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol 5 (2).

Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian. PT. Raja Grafindo: Jakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Untung, T. 2013. Bisnis Jamur Tiram. Agromedia Pustaka: Jakarta.

Widyastuti, Netty. 2019. Pengolahan Jamur Tiram (Pleurotus Ostreatus) sebagai Alternatif Pemenuhan Nutrisi. Jurnal Sains dan Teknologi Indonesi, Vol 15 (3).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i1.11749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: