KEUNTUNGAN DAN EFISIENSI BIAYA USAHA LEBAH MADU TRIGONA SP (STUDI KASUS DI DESA SAGALAHERANG KECAMATAN PANAWANGAN KABUPATEN CIAMIS)

Dian Praja, Agus Yuniawan Isyanto, Rian Kurnia

Abstract


 Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Desa Sagalaherang memiliki potensi untuk mengembangkan usaha lebah madu Trigona sp. Potensi ini ditunjukan oleh seorang pegusaha lebah madu Trigona sp yang berada di Desa Sagalaherang Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis satu-satunya pengusaha lebah madu yang ada di Kecamatan Panawangan. Tujuan penelitian untuk mengetahui Keuntungan dan Efisiensi Usaha Lebah Madu Trigona sp di Desa Sagalaherang Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis. Penelitian ini dilakukan pada bulan juni 2023 sampai dengan bulan juli 2023 dengan menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis keuntungan dan analisis efesiensi biaya dengan menggunakan R/C. Hasil yang diperoleh pada usaha lebah madu Trigona sp ialah, keuntungan pemeliharaan lebah Trigona sp adalah Rp 1.963.975,- dan R/C pemeliharaan lebah Trigona sp adalah 2,04. Nilai R/C > 1 yang menandakan bahwa usaha perlebahan madu Trigona sp Efisien dan dapat dilanjutkan. Berdasarkan penelitian ini diharapkan usaha lebah Trigona sp dapat lebih dikenal dan dikembangkan lebih luas lagi dilihat dari lingkungan dan iklimnya yang mendukung untuk usaha lebah madu Trigona sp.

Keywords


Biaya Efesiensi, Keuntungan, Trigona sp

References


Amir, S. 2014. Pengembangan Instrumen Evaluasi Non Tes (Informal) Untuk Menjaring Data Kualitatif Perkembangan.

Danang, Sunyoto. (2016) manajemen sumber daya manusia. PT Buku Seru. Jakarta.

Fadhilah, R & Rizkika, K. (2015). Laba: Lebah Tanpa Sengat. PT Trubus Swadaya

Listiani, N. M. (2017). Pengaruh Kreatifitas dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Pemasaran Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Eknomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 2(2), 263.

Marlina, E. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Aplikasi Sevina Edlink. Jurnal Padegogik, 3(2), 104-110

Wardana dan Alzarliani, W.O. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Petani Menerapkan Teknologi Pengolahan Buah Tomat di Desa Wakuli Kecamatan Kapontori Kabupaten Buton. Agrikan: Jurnal Ilmiah Agribisnis dan Perikanan, 12(1): 145-151.

Wineri, E. A. (2014). Perbandingan Daya Hambat Madu Alamidengan Madu Kemasan secara In Vitro terhadap Streptococcus betahemoliticus Group A sebagai Penyebab Faringitis. Jurnal Kesehatan Andalas.Volume 3(3):376- 380.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i1.11764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: