EFISIENSI PEMASARAN JAMUR TIRAM PUTIH DI DESA PETIRHILIR KECAMATAN BAREGBEG KABUPATEN CIAMIS

Ayu Aulia, Budi Setia, Rian Kurnia

Abstract


Jamur tiram putih merupakan jamur yang banyak dibudidayakan di Desa Petirhilir produksi per harinya dapat mencapai 15 kilogram. Tetapi, masih terdapat permasalahan dalam proses pemasarannya seperti belum jelasnya saluran pemasaran yang paling efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran, marjin pemasaran, biaya pemasaran, keuntungan,  farmer’s share dan efisiensi pemasaran jamur tiram putih. Pengambilan sampel petani dilakukan dengan cara purposive sampling yaitu bapak Dani Ramdani yang menjadi satu- satunya petani jamur tiram putih, sedangkan sampel pedagang dilakukan dengan cara snowball sampling terdiri dari pedagang besar 1 orang dan pengecer 5 orang. Lokasi penelitian di Desa Petirhilir Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan: (1) Pemasaran jamur tiram putih organik di Desa Petirhilir terdiri dari 2 saluran pemasaran; (2)Saluran I memiliki total biaya    pemasaran Rp 500/kg, margin pemasaran Rp 4.000/kg, dan keuntungan pemasaran Rp 3.500/kg. Sedangkan, Saluran II total biaya pemasaran Rp 1.700/kg, margin pemasaran Rp 7.000/kg, dan keuntungan pemasaran Rp 5.300/kg. (3) Saluran I memiliki nilai Farmer’s share .78,9% lebih tinggi dari saluran II yakni 68,18% (4) Efisiensi pemasaran jamur tiram putih pada setiap saluran pemasaran di Desa Petirhilir sudah efisien (EP 3% - 33% = Efisien), dimana saluran I merupakan yang palung efisien dengan nilai 2,27% lebih rendah dibandingkan saluran II dengan nilai 7,73%.

Keywords


saluran pemasaran, efisiensi pemasaran dan jamur tiram putih.

References


DAFTAR PUSTAKA

Angipora. 2002. Dasar Dasar Pemasaran, Edisi Kedua. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cifta.

BPS Provinsi Jawa Barat. 2021. Produksi Jamur Tiram Berdasarkan Kabupaten/Kota Tahun 2021.

Fahrozi1, Febri Nur Pramudya2, Mira Yanuarti. 2022. Analisis Efisiensi Pemasaran Jamur Tiram Putih (Pleurotus Ostreatus) Di Kelurahan Air Rambai Kecamatan Curup Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Tanaman. 1(1).

Muhammad Ibnu Iqbal, Mohammad Anwar Sadat, A. 2020. Analisis Saluran Dan Margin Pemasaran Umbi Porang (Studi Kasus Di Kelurahan Balleangin Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan). Jurnal Agribis, 12(2), 1–12.

Rosmiah, E. M., Badriah, L. S., & Istiqomah. 2019. Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Jamur Tiram Di Kabupaten Purbalingga. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 11(November), 95–108.

Wahyudie, T. 2020. Pengelolaan Komoditas Hortikultura Unggulan Berbasis Lingkungan. Lombok : Forum Pemuda Aswaja.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i1.11832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: