PERAN PENYULUH PERTANIAN DALAM ADOPSI INTENSIFIKASI USAHATANI DI DESA SEPATNUNGGAL KECAMATAN SODONGHILIR KABUPATEN TASIKMALAYA

Rika Nurpahliana, Iwan Setiawan, Sudrajat Sudradjat

Abstract


Sebagai komoditas sumber pangan, pakan dan bioenergi, inovasi komoditas dan usahatani jagung semakin intensif dikembangkan, bahkan semakin cerdas, namun untuk mengubah perilaku petani agar mengadopsi inovasi tersebut membutuhkan peran penyuluh pertanian. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peran penyuluh pertanian dalam adopsi inovasi intensifikasi usahatani jagung dan menganalisis tingkat adopsinya pada petani jagung di Desa Sepatnunggal Kecamatan Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian didesain secara kuantitatif dengan metode survei. Data primer dikumpulkan dari 36 orang petani yang ditentukan secara purposive sampling dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam adopsi inovasi intensifikasi usahatani jagung, penyuluh berperan sebagai pembimbing, motivator, fasilitator dan dinamisator dengan kategori tinggi (55 persen). Tingkat adopsi inovasi intensifikasi usahatani jagung pada petani terkategori tinggi (53 persen), yang berarti petani sudah mampu menerapkan perilaku intensifikasi pada usahatani jagung.

Keywords


Jagung, Intensifikasi, Penyuluh Pertanian.

References


Ariana, S., Sundari, R. S., dan Umbara, D. S., (2021). Peran Penyuluh Pertanian Terhadap Hasil Produksi Padi Sawah Di Desa Cibuniasih Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(2): 1474-1487.

Listiana, I., Sumardjo, Sadono, D., dan Tjiptopranoto, P. (2018). Hubungan Kapasitas Penyuluh dalam Kegiatan Penyuluhan. Jurnal Penyuluhan, 14(2).

Prasmawatiwi, Erry. F., Listiana L., dan Rosanti, N. (2012). Pengaruh Intensifikasi Pertanian Terhadap Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani Padi di Lampung Tengah.

Salasiah, S., Hastuti, K. P., dan Arisanty, D. (2016). Intensifikasi Pertanian Padi Sawah Terhadap Ketahanan Pangan Rumah Tangga Tani di Kecamatan Aluh-aluh Kabupaten Banjar. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 3(1).

Sudjana, 2005. Metoda Statistika. Tarsito. Bandung.

Sugiyono 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualititif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i1.11880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: