ANALISIS SALURAN PEMASARAN UMBI PORANG (Studi Kasus di Desa Sukamulya Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran)

Wahyu Sidiq, Dini Rochdiani, Budi Setia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Saluran pemasaran umbi porang di Desa SukamulyaKecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran, (2) Besarnya marjin pemasaran umbi porang di Desa Sukamulya Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran, (3) Besarnya Farmer’s share atau bagian harga yang diterima oleh petani umbi porang di Desa Sukamulya Kecamatan Langkaplancar Kabupaten PangandaranPenelitian ini dilaksanakan pada para petani umbi porang di Desa Sukamulya Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran dengan menggunakan metode studi kasus. Desa Sukamulya ditentukan secara purposive sample pertimbangan sebagai salah desa yang menjadi pelopor dalam usahatani porang dengan tingkat keberhasilan yang tinggi.Hasil penelitian menunjukan bahwa :1) Terdapat 1 (satu) saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran satu tingkat.2) Total biaya pemasaran yang dikeluarkan adalah sebesar Rp. 430,00 per kilogramnya, total keuntungan yang diperoleh sebesar Rp. 445,00 per kilogramnya dan marjn pemasaran sebesar Rp. 875,00 per kilogramnya. 3) Bagian harga yang diterima oleh produsen (Farmer Share) pada saluran pemasaran umbi porang di Desa Sukamulya Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran yaitu sebesar 88,14%

Keywords


umbi porang, pemasaran

References


Alhusniduki, 2007. Alat Dan Teknik Untuk Memperbaiki Mutu. Higher Education Depelopment Support Project. Jakarta.

Apri dan Kristin. 2022. Ekspor Porang Naik Berlipat. https://radarsemarang.jawapos.com.

Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Langkaplancar. 2022. Prosfek Usahatani Porang. BPP. Langkalancar.]

Daniel. 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi Aksara, Jakarta.

Karlina, 2018. Analisis Efisiensi Dan Faktor Yang Mempengaruhi Pilihan Saluran Pemasaran. Insitut Pertanian Bogor.

Kotler, Philip Dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran Principles Of Marketing Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2014. Manajemen Pemasaran Di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi Dan Pengendalian. Salemba Empat Jakarta.

Kotler, Philip.2016. Manajemen Pemasaran Jilid 3. PT. Perhanhalindo, Jakarta.

Mulyadi. 2005. Akuntansi Biaya. Edisis Kelima. Yogjakarta ; UPPAMP YKPN Universitas Gajah Mada.

Mutia. 2011. Pemurnian Glukomanan Secara Enzimatis Dari Tepung Iles-iles. IPB. Bogor.

Ohtsuki. 1968 dalam Mutia. 2011. Studies on Reserve Carbohydrates of four Amorphophallus Species with Special Reference.

Rofik, K., Setiahadi, R., Puspitawati, IR., Dan Lukito, M., 2017. Potensi Produksi Tanaman Porang (Amorphophallus Muelleri Blume) Di Kelompok Tani Mpsdh Wono Lestari Desa Padas Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun. Jurnal Agri-Tek. 17 (2) : 53 - 65.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i3.11918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: