Analisis Rantai Pasok Sirup Honje (Studi Kasus Pada UMKM Rengganis di Kelurahan Mulyasari Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya)

Muhamad Sanip Sanip, Sudrajat - -, Saepul - Aziz

Abstract


Honje (Erlingera hemispaerica) merupakan tumbuhan rempah-rempah dari famili jahe-jahean yang bunganya memiliki aroma yang khas. Pemanfaatan buah honje sebagai buah yang bisa dimakan masih kurang karena teksturnya yang keras dan rasanya yang asam. honje termasuk tumbuhan yang dapat dimanfaatkan mulai dari rimpang hingga buahnya. Namun masalah yang dihadapi produsen sirup terhormat di UMKM Rengganis saat ini adalah tidak menemukan rantai rantai pasok dan kinerja rantai pasok untuk sirup produk yang mereka produksi. Penelitian ini bertujaun untuk; 1) Pembaruan sistem rantai pasok sirup honje 2) Pembaruan kinerja rantai pasok sirup honje. Responden penelitian merupakan produsen sirup honje. Keputusan produsen ditentukan dengan metode purvosive sampling dan Lembaga pemasaran ditentukan dengan metode snowball sampling. Metode yang digunakan untuk mengetahui rantai pasokan adalah dengan pendekatan manajemen rantai pasok dan analisis deskriptif. Kinerja rantai suplai sirup honje diukur dengan pangsa produsen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat satu rantai pasokan Sirup Honje pada UMKM Rengganis di Kelurahan Mulyasari Kecamatan Tamansari yang melibatkan pengepul honje, produsen, penjualan, dan konsumen. Aliran produk yang mengalir dari produsen sirup honje ke konsumen, aliran keuangan yang mengalir dari konsumen sampai ke produsen sirup honje, dan aliran informasi yang mengalir baik dari produsen sirup honje ke konsumen atau sebaliknya. Nilai margin pemasaran untuk setiap satu botol sirup honje adalah sebesar Rp 2.000. rantai pasok sirup honje pada UMKM Rengganis di Kelurahan Mulyasari Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya bisa masuk kategori efisien,

Keywords


sirup honje, rantai pasok

References


Anjayani dan Hayanto 2009. Geografi Jel Human Alam semesta Bandung Cipta Raya.

Hikmah, A. S., Devi, M., & Soekopitojo, S. (2022). Analisis kadar antioksidan pada sirup honje (etlingera hemisphaerica) sebagai produk pangan fungsional dengan lama blanching yang berbeda. Jurnal Farmasetis, 11(1), 23-28.

Naufalin, R., B. S. L. Jenie, F. Kusnandar, M. Sudarwanto, dan H. Rukmini.2005. Aktivitas antibakteri ekstrak bunga kecombrang terhadap bakteripathogen danperusak pangan. Jurnal Teknologi dan Industri Pangan 16(2): 119-125.

Nembah, F. Ginting, Hartimbul. 2011, Manajemen pemasaran. Yrama Widya, Bandung.

Rahim, A, dan Hastuti, D.R.D. 2007. Ekonomika Pertanian (Pengantar Teori dan Kasus). Penebar Swadaya. Jakarta.

Ramdhani, A. R. 2020. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi presferensi konsumen pada go-pay di kota medan.

Saptianuri, Rinda. 2011. Analisis Usaha Agroindustri Keripik Ketela Ungu Di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar.

Soekartawi. 2002. Pengantar Agroindustri. Raja Grapindo. Jakarta.

Sudaryono, 2016. Manajemen pemasaran. Andi offset, yogyakarta.

Sukandar D., Radiastuti N., Jayanegara I. dan Hudaya A. 2010. Karakterisasi Senyawa Aktif Antibakteri Ekstrak Air Bunga Kecombrang (Etlingera elatior) Sebagai Bahan Pangan Fungsional. Valensi, 1: 333-339.

Sulaeman, A. 2014. Pengaruh upah dan pengalamn kerja terhadap produktivitas karyawan kerajinan ukiran kabupaten subang.

Tjiptoherijanto, P. 1996. Sumber Daya Manusia dalam Pembangunan Nasional. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Yanita M dan wahyuni I 2021, Kinerja Dan Efisiensi Rantai Pasok (Supply Chain) Nanas Di Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i2.11925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: