FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI ULANG KERIPIK PISANG HIKMAH DI DESA KERSAMANAH KECAMATAN KERSAMANAH KABUPATEN GARUT

Muhammad Firman Bachtiar, Budi - Setia, Benidzar M Andrie

Abstract


Keripik pisang adalah produk makanan ringan yang dibuat dari irisan buah pisang dan digoreng, dengan atau tanpa bahan tambahan makanan yang diizinkan. Minat beli ulang menunjukan keinginan pembeli untuk melakukan kunjungan ulang dimasa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Tingkat minat beli ulang keripik pisang di Desa Kersamanah Kecamatan Kersamanah Kabupaten Garut. (2) Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat beli ulang keripik pisang di Desa Kersamanah Kecamatan Kersamanah Kabupaten Garut. Data yang digunakan dalam peneltiian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik penarikan sampel menggunakan metode Accidental Sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel pada Agroindustri Keripik Pisang Hikmah di Desa Kersamanh Kecamatan Kersamanah Kabupaten Garut. Wawancara mendalam dilakukan terhadap 30 orang responden minat beli ulang. Uji analisis data menggunakan Uji F, Uji T dan metode regresi linear berganda dengan alat bantu SPSS29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat minat beli ulang dari kualitas produk, kualitas pelayanan dan  kepuasan pelanggan terhadap variabel dependen yaitu Minat beli ulang adalah sebesar 91,8%. (2) Faktor-Faktor yang berpengaruh terhadap minat beli ulang Agroindustri Keripik Pisang Hikmah di Desa Kersamanah Kecamatan Kersamanah Kabupaten Garut adalah Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

Keywords


Keripik pisang, Minat Beli ulang dan Analisis Regresi Berganda

References


Aang Munawar dan Sahala Marpaung, Pengaruh Biaya Saluran Distribusi terhadap Tingkat Volume Penjualan Pada PT. WinnerGarment Nisia Tamuntuan, Jurnal Ilmiah Kesatuan, Vol. 10, No. 1. April 2008.

Agustiani, C. (2014). Pengaruh kepuasan pelanggan terhadap minat beli ulang (studi kasus pada maskapai penerbangan lion air di jakarta). Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi.

Anwar, Iful. 2015. Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. (Online). Vol. 4. No.12(http://ejournal.stiesia.ac. id diakses 10 februari 2018)

Aidah, S. N. (2020) jadi jutawan dengan berbisnis buah pisang. Banguntapan, bantul, yogyakarta:Penerbit KBM Indonesia

Arikunto, Suharsimi, Metodelogi Penelitian, Yogyakarta: Bina Aksara, 2006.

Bioindustri Indonesia (PPBBI). 2016. Petunjuk Teknik Budidaya pisang asal kultur in vitro dengan Teknologi PPBBI. PPBBI. Bogor

Dassaad, et. Al., “Analisis Faktor- Faktor Kendala Usaha Pada Usaha KecilMenengah(Studi Kasus Pada UKM Jajanan Sekolah Ibu Anah Kota Depok Jawa Barat)”, Prosiding SNaPP2015 Sosial Ekonomi dan Humaniora, Universitas Gunadarma, Jawa Barat, 2015.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Sulastri W Y. 2022. Pengaruh desain produk, merk dan varian rasa keripik warasiko terhadap minat beli ulang konsumen pada masyarakat Kelurahan Mautapaga, Kabupaten Ende NTT. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Mataram, Mataram




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i2.11928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: