ANALISIS USAHATANI MELALUI POLA KEMITRAAN ANTARA KELOMPOK TANI NGUDI LESTARI DENGAN CV. PB UTAMA (Studi Kasus di Desa Caruy Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap)

Ani Salindri, Sudrajat Sudrajat, Saepul Aziz

Abstract


Salah satu daerah penghasil kedelai yaitu di Kabupaten Cilacap dengan produktivitas 1.3 ton per/Ha.  Ketersedian sumber daya yang cukup dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap mata pencaharian dan kesejahteraan petani kedelai. Kemitraan harus dipahami sebagai strategi dan alat untuk mencipatakan kepastian pemasaran hasil, membangun hubungan fungsional dan institusional dan memberdayakan organisasi petani . Penelitian ini bertujuan untuk :  (1)  mengetahui pola kemitraan antara Kelompok Tani Ngudi Lestari dengan CV. PB Utama (2) besarnya pendapatan usahatani kedelai di Kelompok Tani Ngudi Lestari yang menjalin kemitraan dengan CV. PB Utama di Desa Caruy Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive atau sengaja sedangkan untuk penarikan sampel dilakukan secara sensus terhadap seluruh petani kedelai yang tergabung dalam kelompok tani tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pola kemitraan antara Kelompok Tani Ngudi Lestari dengan CV. PB Utama merupakan bentuk kerjasama formal dalam bentuk kemitraan subkontrak. Para pelaku dalam kemitraan ini mampu menciptakan iklim usaha yang kondusif di bidang agribisnis kedelai. (2) Total pendapatan rata-rata yang diperoleh petani melalui kemitraan sebesar Rp. 5.840.810,- per tahun, dengan luas lahan rata-rata 0,63 hektar.

Keywords


Jurnal

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rienika Cipta.

Badan Pusat Statistik (BPS), 2015. Produksi Kedelai menurut Provinsi

Badan Pusat Statistik (BPS), 2021. Produktivitas Kedelai di Pulau Jawa Tertinggi Nasional.

Rahim dan Hastuti. 2007. Ekonomika Pertanian, Pengantar. Teori dan Kasus : Penebar Swadaya.

Rasahan, C.A. 1999. Kebijakan Pembangunan Pertanian untuk Mencapai Ketahanan Pangan Berkelanjutan. Dalam Tonggak Kemajuan Teknologi Produksi Tanaman Pangan. Konsep dan Strategi Peningkatan Produksi Pangan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan, Bogor. Hal. 1-11.

Sinar Tani. 2018. Tahun 2018, Tahun Kedelai. Edisi 3-9 Januari 2018 No 3733 Tahun XLVIII.

Sudaryanto, T., I.W. Rusastra, dan Saptana. 2001. Perspektif Pengembangan Ekonomi Kedelai di Indonesia. Forum Agro Ekonomi. 19(1): 1120.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susilowati, E., Oktavianai, R., Arifin, B.,& Arkeman, Y. (2013). the Decrease of Production of Indonesian Soybean and Efforts To Ensure the Certainty of the Vegetable Protein Supply : a Literature Review. International Journal of Information Technology and Business Management, 9(1), 1–5.

Sutawi. 2002. Manajemen Agribisnis. Bayu Media dan UMM Press. Malang




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i2.11958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: