ANALISIS EFISIENSI USAHATANI PADI DI DESA MANGKUBUMI KECAMATAN SADANANYA KABUPATEN CIAMIS

Thomas Rizki Artama, TRISNA INSAN NOOR, RIAN KURNIA

Abstract


Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Faktor – faktor yang memengaruhi produksi pada usahatani padi di Desa Mangkubumi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis secara simultan dan parsial. 2) Tingkat efisiensi pada usahatani padi di Desa Mangkubumi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif. Teknik penarikan sampel ditentukan dengan metode sampel acak sederhana (simple random sampling) berdasarkan perhitungan menggunakan rumus Slovin maka diperoleh jumlah sampel petani sebanyak 76 sampel dari jumlah populasi 320 petani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Uji statistik F (simultan) menunjukkan faktor produksi luas lahan, benih, pupuk, pestisida dan tenaga kerja berpengaruh signifikan secara simultan (bersamaan) dan Uji statistik t (parsial) menunjukkan faktor produksi luas lahan, pupuk, dan pestisida berpengaruh nyata dan signifikan terhadap produksi, sedangkan faktor produksi benih dan tenaga kerja berpengaruh nyata namun tidak signifikan terhadap produksi padi di Desa Mangkubumi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis. 2) Penggunaan faktor – faktor produksi pada variabel luas lahan, benih, pupuk, dan pestisida penggunaanya belum efisien dan untuk penggunaan faktor – faktor produksi pada variabel tenaga kerja penggunaanya tidak efisien.

Keywords


Efisiensi, Faktor Produksi, Padi

References


Fadhilah, M. L., Eddy, B. T., & Gayatri, S. (2018). Pengaruh tingkat pengetahuan, sikap dan keterampilan penerapan sistem agribisnis terhadap produksi pada petani padi di Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap. Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 2(1), 39-49.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25 (9th ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.

Kurniawan, A.Y. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Efisiensi Teknis pada Usahatani Padi Lahan Pasang Surut di Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan. Jurnal Agribisnis Perdesaan, Volume 02, Nomor 01, Maret 2012.

Nicholson, Water. 2005. Teori Makro Ekonomi. Jakarta: Bina Rupa Aksara

Onibala, A. G., & Sondakh, M. L. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi padi sawah di Kelurahan Koya, Kecamatan Tondano Selatan. Agri-Sosioekonomi, 13(2A), 237-242.

Soekartawi. 2003. Teori Ekonomi Produksi dengan Pokok Bahasan Analisis CobbDouglas. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada. 250 hal.

Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sujarweni, W., 2015, Metologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi, Yogyakarta : Pustaka Baru Press




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i2.11985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: