ANALISIS NILAI TAMBAH BRIKET ARANG TEMPURUNG KELAPA DI PT. ARKELINDO BARA SEJAHTERA DESA PADAMULYA KECAMATAN CIHAURBEUTI KABUPATEN CIAMIS

Muhamad Rifai, Budi Setia, Rian Kurnia

Abstract


PT. Arkelindo Bara Sejahtera mengolah arang tempurung kelapa menjadi briket arang tempurung kelapa. Karena PT. Arkalindo Bara Sejahtera yang berada di Desa Padamulya merupakan satu-satunya perusahaan agroindustri yang memproduksi briket di Desa Padamulya Kecamatan Cihaurbeuti, sehingga peneliti tertarik untuk menganalisis nilai tambah briket arang tempurung kelapa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biaya, penerimaan dan pendapatan serta nilai tambah briket arang tempurung kelapa. Metode yang digunakan yaitu metode studi kasus dengan alat analisis nilai tambah. Teknik purposive sampling, dengan pertimbangan bahwa PT. Arkelindo Bara Sejahtera yang berlokasi di Desa Padamulya Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis berada di jalur nasional yang strategis. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Biaya yang dikeluarkan dalam satu kali proses produksi briket arang tempurung kelapa di PT. Arkelindo Bara Sejahtera adalah Rp. 237.740.494,44, penerimaan sebesar Rp. 475.335.000 dan pendapatan yang diperoleh sejumlah Rp. 237.594.505,56. 2) Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh nilai tambah sebesar Rp. 14.170,62/kg. Rasio nilai tambah diperoleh sebesar 66,944% dimana persentase itu menunjukkan perbandingan antara nilai tambah dengan nilai output. Rasio nilai tambah lebih dari 40% maka termasuk kedalam rasio nilai tambah yang tinggi. Sehingga arang tempurung kelapa yang telah dilakukan proses produksi memiliki nilai tambah. Kata kunci: Briket Arang Tempurung Kelapa, Pendapatan, Nilai Tambah

Keywords


Briket Arang Tempurung Kelapa, Pendapatan, Nilai Tambah

References


Azrina, T.M. Nur, S. Hurri. 2017. Analisis Kelayakan Agroindustri Arang Tempurung di Gampong Barat Lanyan Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen (Studi Kasus Usaha Bapak Razali). Jurnal S. Pertanian 1 (1) : 63-69.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat, 2022.

Sa’diyah, Fitria. 2016. Strategi pengembangan Usaha Briket Tepurung Kelapa di CV Mandiri Globalindo dengan Pendektan Bisnis Model Kanvas. Bogor : Institut Pertanian Bogor. Standar Nasional Indonesia (SNI). 2004.

Suratiyah, K. 2015. Ilmu Usahatan edisi revisi. Jakarta : Penebar Swadaya.

Syawitri D.A. 2019 Analisis Nilai Tambah dan Kelayakan Usaha Briket Arang Tempurung Kelapa di CV. Subur Makmur Solo Jawa Tengah.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i2.11993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: