ANALISIS KELAYAKAN USAHA AGROINDUSTRI COMRING (Studi Kasus pada Agroindustri Al – Mahira di Desa Sukaresik Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis)1

Dede Irpan, Agus Yuniawan Isyanto, Tiktiek Kurniawati

Abstract


DEDE IRPAN, 2023. Analisis Kelayakan Usaha Agroindustri Comring (Studi Kasus pada Agroindustri Al – Mahira di Desa Sukaresik Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis). Dibawah Bimbingan Agus Yuniawan Isyanto dan Tiktiek Kurniawati.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya biaya, penerimaan, pendapatan dan nilai R/C pada usaha agroindustri comring di Desa Sukaresik Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Penentuan sampel digunakan secara sengaja (Purvosive Sampling) dengan pertimbangan bahwa agroindustri tersebut mampu memproduksi comring lebih banyak dibandingkan dengan yang lainnya di Desa Sukaresik. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya total yang dikeluarkan oleh pengusaha agroindustri comring adalah Rp. 438.514,82/satu kali proses produksi. Penerimaan yang diperoleh adalah Rp. 600.000,00/satu kali proses produksi. Pendapatan yang diperoleh oleh pengusaha comring adalah Rp. 161.485,18/satu kali proses produksi. Nilai R/C yang didapat adalah sebesar 1,37 artinya bahwa setiap Rp 1,- biaya yang dikeluarkan pada agroindustri comring akan memperoleh penerimaan sebesar Rp 1,37 sehingga pendapatan yang diperoleh sebesar Rp 0,37.Kata Kunci: Analisis Kelayakan Agroindustri, Comring. 

Keywords


Analisis Kelayakan Agroindustri, Comring.

References


Aditia, Rio, Sindi. 2013. Studi Kelayakan Pembangunan Pabrik Tepung Tapioka PT. Harison Agro Industri Kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung. Data : Bandar Lampung.

Agustiar. 2012. Analisis Produksi Optimum pada Industri Keripik Singkong (Studi Kasus pada Industri Keripik Singkong Rajawali di Desa Rundeng Kecamatan Johan Pahalwan Kabupaten Aceh Barat). Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia 16 (3): 209-217.

Daniel, M. 2016.Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Bumi Aksara. Jakarta.

Hastuti, S., Ulyata, Prisdiminggo. 2006. Peranan Industri Pengolahan Kripik Singkong dalam Menggerakan Perekonomian Pedesaan. Kasus di Desa Padamara, Kabupaten Lombok Timur. Balai Pengkajian Teknologi Pertanan NTB.

Nazir, M. 2011. Metode Penelitian . Ghalia Indonesia. Jakarta.

Purwanto, Agung dan Budi Muhammad Taftazani, 2018. Pengaruh Jumlah Tanggungan Terhadap Tingkat Kesejahteraan Ekonomi Keluarga Pekerja K3L Universitas Padjajaran. Jurnal Pekerjaan Sosial, Vol. 1, No. 2.

Simanjuntak, P.J. 2011. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Lembaga Penerbit Univ. Indonesia, Jakarta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Surtiyah, K. 2009. Ilmu Usaha Tani. Jakarta: Penebar Swadaya.

Suratiyah, K. 2015. Ilmu Usaha Tani. Penebar Swadaya. Jakarta Karta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i2.12002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: