ANALISIS KELAYAKAN AGROINDUSTRI DAN NILAI TAMBAH KUE JAHE (Studi Kasus pada Agroindustri Ma Bolu di Desa Sidamulya Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis)

Riska Girani Iswara, Trisna Insan Noor, Anisa Puspitasari

Abstract


Pertanian adalah salah satu sektor utama yang menopang kehidupan masarakat. Oleh karena itu pertanian merupakan mata pencaharian bagi penduduk Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mengetahui berapa besarnya biaya, penerimaan, dan pendapatan pada agroindustri kue jahe Ma Bolu di Desa Sidamulya Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis. 2) Mengetahui bagaimana R/C pada agroindustri kue jahe Ma Bolu di Desa Sidamulya Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis. 3) Mengetahui berapa besarnya nilai tambah pada agroindustri kue jahe Ma Bolu di Desa Sidamulya Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis. Penelitian ini yang dilaksanakan di agroindustri kue jahe Ma Bolu di Desa Sidamulya Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis dengan jenis penelitian kualitatif. Data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan: 1) biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi kue jahe dalam satu kali proses produksi yaitu sebesar Rp. 1.036.357 dengan penerimaan sebesar Rp.1.824.000 dan pendapatan sebesar Rp. 787.643 2) R/C sebesar 1,76 yang artinya usaha agroindustri kue jahe Ma Bolu layak untuk dijalankan. 3) Besarnya nilai tambah pada agroindustri kue jahe Ma Bolu yaitu sebesar Rp. 185.309 per kilogram dalam satu kali proses produksi.

Keywords


Kue Jahe, Kelayakan dan Nilai Tambah

References


Ahyadi, dkk. 2016. Analisis Nilait Tambah Kue Pia pada Industri Rumah Tangga Karya “An-Nur” di Kota Palu.

Faliha, S. H., Purwandari, I., Kurniawati, F., & Kifli, F. W. (2022). Analisis Nilai Tambah dan Efisiensi Agroindustri Gula Aren di Desa Gonoharjo Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal Jawa Tengah. AGRIFITIA : Journal of Agribusiness Plantation, 2(1), 42–50.

Fitriah, A., Noor, T. I., & Aziz, S. (2023). Kelayakan Usaha dan Nilai Tambah Agroindustri Sale Pisang (Studi Kasus pada Agroindustri Kharisma di Kelurahan Kersanagara Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmayala). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 10(1), 237–247.

Hamidah, M., Yusra, A. H. A., & Sudrajat, J. (2015). Analisis Nilai Tambah Agroindustri Kripik Ubi di Kota Pontianak. Jurnal Sosial Economic of Agriculture, 4(2), 60-73.

Nurnajah, M., Noor, T. I., & Yusuf, M. N. (2021). Analisis Usaha Agroindustri Kue Jahe (Studi Kasus pada Agroindustri Kue Jahe "Binangkit Tasikmalaya di Desa Manonjaya Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 8(1), 193–200.

Rungkat, J. S., Kindangen, P., & Walewangko, E. (2020). Pengaruh pendidikan, jumlah anggota keluarga dan pengalaman kerja terhadap pendapatan rumah tangga di Kabupaten Minahasa. Jurnal Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Daerah.

Soekartawi. (2006). Analisis Usaha Tani. Jakarta: UI Press

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatf dan R&D. Alfabeta Bandung.

Suratiyah, Ken. (2015). Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya.

Surtiadi, A., Rochdiani, D., & Yusuf, M. N. (2018). Analisis Usahatani Jagung (Zea mays L.) Varietas Bisi 2 (Studi Kasus di Desa Bunter Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 2018, 4.1: 530-534.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i2.12031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: