ANALISIS KELAYAKAN AGROINDUSTRI GULA MERAH DI DESA LANGENSARI KECAMATAN LANGENSARI KOTA BANJAR

Euis Dwi Marlina, Iwan Setiawan, Sudrajat Sudrajat

Abstract


Pada umumnya Agroindutri gula merah yang dilaksanakan para perajin di Desa Langensari sudah merasakan keuntungan dari usaha yang dijalankannya namun demikian mereka belum mengetahui secara pasti berapa besarnya biaya, penerimaan, pendapatan dan R/C dari usaha yang dijalankannya, oleh karena itu diperlukan analisis kelayakan agroindustri gula merah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pendapatan dan kelayakan agroindustri gula merah. Penelitian didesain secara kuantitatif dengan menggunakan metode survei yang dilakukan di Desa Langensari Kecamatan Langensari Kota Banjar. Data primer diperoleh dari 11 responden yang ditentukan dengan mengunakan teknik sampling jenuh atau sensus, sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi terkait melalui studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata biaya total agroindutri gula merah sebesar               Rp 56.111,70 dalam satu kali proses produksi produksi, rata-rata penerimaan sebesar           Rp 117.109,07 dalam satu kali proses produksi dan pendapatan sebesar Rp 60.997,37 dalam satu kali proses produksi. Dengan nilai R/C sebesar 2,09, agroindustri gula merah masih terkategori layak untuk dilanjutkan.

Keywords


agroindustri, gula merah, kelayakan, pendapatan, perajin

References


Afrianti. S, Sekali. A. S. K, dan Syaiful. A. 2018. Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Dan Mutu Gula Merah Dari Nira Kelapa Sawit (Elaeis guinensis, Jacq). Jurnal Agriprimatech. Vol. 1 No 2. ISSN 262–6566.

Arifin. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Alfabeta. Bandung.

Santoso, I. 2008. Pengantar Agroindustri. Fakultas Teknik Pertanian Universitas Brawijaya. Malang.

Soeka,S Y.Sulistyo J. NaiolaE. 2008. Analisis biokimia minyak kelapa hasil ekstaksi secara permentasi. Biodiversitas LIPI. 9(2):91-95.

Timisela, N.R., Turukay, M., Parera, W.B. dan Lawalata, M. 2012. Efisiensi Relatif Agroindustri Pala Banda Dengan Pendekatan Data Envelopment Analysis (DEA). SEPA, 9(1): 25-33




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i3.12049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: