PERAN TENGKULAK DALAM PEMASARAN PISANG (Studi Kasus Pada Petani Pisang di Desa Tobongjaya Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya)

Yoni Sondara, Sudrajat *, Ivan Sayid Nurahman

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) Saluran pemasaran pisang di Desa Tobongjaya Kecamatan Cipatujah. 2) Peran tengkulak terhadap pemasaran pisang di Desa Tobongjaya Kecamatan Cipatujah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Sampel diambil menggunakan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Terdapat tiga saluran pemasaran pisang di Desa Tobongjaya yaitu: Saluran Pemasaran I petani langsung menjual hasil panen pisang kepada konsumen, terutama agroindustri yang membutuhkan pisang sebagai bahan baku pengolahan. Saluran Pemasaran II Tengkulak menjual langsung ke konsumen akhir, memberi kontrol penuh atas harga jual pisang. Saluran pemasaran III melibatkan peran tengkulak sebagai perantara antara petani dan pedagang pengecer. Tengkulak membantu memfasilitasi proses penjualan dan distribusi produk dengan lebih efisien. 2) Tengkulak di Desa Tobongjaya memiliki empat peran utama yaitu pengumpul, pembeli, penghubung, dan pemasar. Peran tengkulak ini dianggap positif karena mereka tidak berfungsi sebagai kreditor atau pemilik modal. Penilaian positif terhadap peran tengkulak mendapat skor 520 dengan krieria "baik". Penilaian ini menunjukkan bahwa petani merasa puas dengan interaksi dan transaksi yang dilakukan tengkulak. Peran tengkulak di Desa Tobongjaya memberikan manfaat positif bagi petani, terutama dalam hal kemudahan proses pemasaran dan distribusi produk pertanian, Kata Kunci : Peran Tengkulak, Saluran Pemasaran, Petani, Pisang.

Keywords


Peran Tengkulak, Saluran Pemasaran, Petani, Pisang.

References


Ardiana, A. 2020. Nilai Tambah Produk Olahan Pisang Pada Skala Industri Rumah Tangga Di Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).

Febrilia, R., & Setyadi, Y. B. (2021). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Karakter Peduli Sosial Serta Kendala Dan Alternatif Solusi Pada Siswa Tunarungu Di SLB Anugerah Colomadu Kabupaten Karanganyar (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Hidayati, T. N., & Suhartini, S. (2018). Analisis Daya Saing Ekspor Pisang (Musa Paradiacal.) Indonesia di Pasar Asean Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 2(4), 267-278.

Jamilah, J. (2021) Dimensi Ketimpangan Rantai Komoditas Produksi Jamur Tiram Di Desa Citapen Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor (Bachelor's thesis, Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Mahuku, N. F., Effendy, E., & Laksamayani, M. K. (2022). Nilai Tambah Buah Pisang Tanduk Menjadi Keripik Pisang Pada Industri Raja Bawang Di Kota Palu. Agrotekbis: E-Jurnal Ilmu Pertanian, 10(1), 231-239.

Megasari, L. A. (2019). Ketergantungan petani terhadap tengkulak sebagai patron dalam kegiatan proses produksi pertanian (studi di Desa Baye Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA)

Mudawaroch, R. E. (2020). Pengaruh pengetahuan dan sikap terhadap perilaku mahasiswa dalam mengahadapi virus corona. Prosiding HUBISINTEK, 1, 257-257. http://ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/view/1004

Ola, S. B., Pujianto, A., & Pratiwi, N. M. I. (2022, August). Analisis Komparasi Keragaman Produk, Cita Rasa Dan Keputusan Pembelian Pada Produk Chatime Dan Produk Quickly Di Kota Surabaya. In Seminar Nasional Hasil Skripsi (Vol. 1, No. 01, pp. 106-110).

Sugiyono, P. D. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Terapan. Jakarta: Prenada Media Grup.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i2.12062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: