ANALISIS PENGADAAN BAHAN BAKU KEDELAI PADA AGROINDUSTRI TAHU DI DESA TONJONG KECAMATAN PANCATENGAH KABUPATEN TASIKMALAYA

Santi - Maharani, Trisna Insan Noor, Saepul - Aziz

Abstract


Kedelai merupakan komoditas kacang-kacangan dengan penghasil terbanyak di Kecamatan Pancatengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pengadaan bahan baku kedelai pada agroindusri tahu di Desa Tonjong Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya. Jenis peneltian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara sensus atau sampling jenuh. Lokasi penelitian pada agroindustri tahu di Desa Tonjong Kecamatan Pancatengah. Sampel pada penelitian ini yaitu seluruh agroindustri tahu yang ada di Desa Tonjong yaitu sebanyak 2 agroindustri tahu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh agroindustri yang ada di Desa Tonjong telah melakukan kegiatan pengadaan bahan baku dengan enam komponen yaitu waktu, tempat, harga, jenis, kualitas, kuantitas, sudah sesuai dengan harapan masing – masing agroindustri.

Keywords


agroindustri, tahu, pengadaan bahan baku

References


Afriyana. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Pada Pelaku Industri Kecil Menengah (Ikm) Tempe Dalam Menggunakan Kedelai Impor Sebagai Bahan Baku Tempe (Studi Kasus pada Sentra Industri Tempe Kampung Sanan Malang).

Andrean, O., & Trisunaryanto, L. 2020. Hubungan Faktor Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Lingkungan Dengan Keputusan Pembelian Minuman Kopi Di Pondok Kopi Umbul Sidomukti. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 7(3), 545.

Arini. 2017. Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi untuk Menetapkan Harga Jual Menggunakan Metode Full Costing Pada CV.Purnama Onix Periode 2011 – 2015. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Artawan, I. 2015. Analisis Ketepatan Waktu Dalam Pemesanan Bahan Baku Dengan Metode Re Order Point (ROP) Pada Rumah Makan Janggar Ulam Di Kecamatan Ubud. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1), 1–11.

Arwati. 2018. Pengantar Ilmu Pertanian Berkelanjutan. Inti Mediatanam.

Basyit, A., Sutikno, B., & Dwiharto, J. 2020. Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal EMA, 5(1), 12–20.

Juariyah dan Basrowi, 2010. Analisis Kondisi sosial ekonomi dan pendidikan masyarakat. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol. 7 No 1. 2010.

Kusnadi, A. S. 2022. Pengadaan Bahan Baku Kopi Bubuk Di Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung. 1105–1115.

Kusuma, E. W., Widjaya, S., & Situmorang, S. 2020. Analisis Pengadaan Bahan Baku Dan Nilai Tambah Agroindustri Keripik Ubi Kayu Di Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 8(1), 70.

Mela, O. 2021. Pengadaan Bahan Baku, Harga Pokok Produksi Dan Pendapatan Agroindustri Keripik Ubi Kayu Di Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. Universitas Lampung.

Murdianto. 2015. Analisis Kelayakan Dan Strategi Pengembangan Usaha

Panuju, M. H., Endaryanto, T., & Marlina, L. 2021. Analisis Kinerja Dan Nilai Tambah Agroindustri Tahu Di Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 9(2), 138.

Shafira, L. A. M. 2018. Analisis keragaan agroindustri tahu kulit di Kelurahan

Gunung Sulah Kecamatan Way Halim Kota Bandar Lampung. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis, 6(3).

Styawan, F. at. dwidjono. H. D. L. R. . 2016. Permintaan Kedelai Pada Industri Rumah Tangga Tahu Di Kabupaten Sleman. Agroekonomi, 27(2), 215–232.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. CV Alfabeta.

Syafitri, A. H. W. A. Z. Y. I. 2021. Pendapatan, Nilai Tambah, Dan Pemasaran Agroindustri Tahu House Of Tofu Di Kota Bandar Lampung. 9(February), 6.

Ulya, Z. 2021. Analisis Pengaruh Pendapatan, Tingkat Pendidikan, Dan Tanggungan Keluarga Terhadap Pengambilan Pembiayaan Arrum Bpkb Pada Pt. Pegadaian Syariah Unit Langsa Baro. PAPATUNG: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Pemerintahan dan Politik, 4(1), 48–57.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i2.12070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: