ANALISIS USAHA PEMBESARAN IKAN GURAMI (Osphronemus gourami Lac.) DI DESA CIHARALANG KECAMATAN CIJEUNGJING KABUPATEN CIAMIS

Lusiyena Dewi, Sudrajat -, Rian Kurnia

Abstract


Ikan gurami merupakan ikan asli Asia Tenggara yang penyebarannya meliputi beberapa wilayah Indonesia seperti Pulau Jawa, Sumatra dan Kalimantan. Pembudidaya ikan gurami di Desa Ciharalang Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis ini memiliki beberapa kendala, salah satunya adalah pembudidaya belum pernah melakukan perhitungan biaya-biaya yang dikeluarkan, penerimaan, pendapatan dan juga R/C selama proses produksi secara terperinci. Usaha pembesaran ikan gurami di Desa Ciharalang Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis dipilih sebagai lokasi penelitian, karena di Desa tersebut membudidayakan ikan gurami secara khusus terutama pada usaha pembesarannya. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Ciharalang Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Besarnya biaya, penerimaan, dan pendapatan pada usaha pembesaran ikan gurami gurami per satu kali proses produksi di Desa Ciharalang Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. 2) R/C pada usaha pembesaran ikan gurami di Desa Ciharalang Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Data yang diperoleh terdiri dari data primer dan data sekunder. Penarikan sampel dilakukan secara sampling jenuh pada pengusaha pembesaran ikan gurami. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Besar rata-rata biaya pada usaha pembesaran ikan gurami di Desa Ciharalang Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis dalam satu kali proses produksi sebesar Rp. 161.656.870,85, besarnya rata-rata penerimaan yang diperoleh Rp. 319.653.000, dan rata-rata pendapatan yang diperoleh sebesar Rp. 157.996.114,15. 2) Rata-rata R/C pada usaha pembesaran ikan gurami di Desa Ciharalang Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis adalah sebesar 1,87.

Keywords


Analisis, Ikan Gurami, Usaha Pembesaran, Pendapatan.

References


Achmadi, L, G. 2022. Efisiensi Penggunaan Faktor Produksi Usaha Pembenihan Ikan Gurami Di Desa Bendiljati Wetan Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulunganggung. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur: Surabaya.

Handajani, H. 2007. Perendaman Larva Gurami (Osphronemus gourami) Dengan Umur Yang Berbeda Pada Hormon Metiltosteron Terhadap Keberhasilan Pembentukan Monosex Jantan. Jurusan Perikanan Universitas Muhammadiyah: Malang.

Ningsih, T, R. 2017. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jenis Ikan Air Tawar Untuk Usaha Pembesaran Menggunakan Metode ANP-PROMETHEE II (Studi Kasus Kabupaten Nganjuk). Universitas Brawijaya: Malang.

Nazir, M. 2011. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia: Bogor.

Sitanggang M, dan Sarwono B. 2011. Budidaya Gurami (Edisi Revisi). Penebar Swadaya: Jakarta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Suratiyah, K. 2015. Ilmu Usahatan edisi revisi. Penebar Swadaya: Jakarta.

Wahyuningsih, S., dan Gitarama, A, M. 2020. Amonia Pada Sistem Budidaya Ikan. Syntax Literate. Jurnal Ilmiah Indonesia. Vol 5 (2).

Zuriah, Y. 2016. Analisis Kelayakan Budidaya Ikan Gurame Di Desa Kedung Rejo Buay Madang Timur Kabupaten Oku Timur. Jurnal Bakti Agribisnis. Vol 2 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i2.12092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: