Struktur Dan Distribusi Pendapatan Rumah Tangga Petani Jagung Hibrida (Zea mays) Di Desa Lengkongjaya Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya

Mustopa Mustopa, Muhamad Nurdin Yusuf, Saepul Aziz

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Besarnya biaya, penerimaan dan pendapatan usahatani jagung hibrida di Desa Lengkongjaya Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya. (2) Struktur dan distribusi pendapatan rumah tangga petani jagung hibrida jagung hibrida di Desa Lengkongjaya Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Desa Lengkongjaya Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya ditentukan sebagai lokasi penelitian secara purposive. Sedangkan untuk penarikan sampel petani dilakukan secara random sampling. Petani jagung hibrida di Desa Lengkongjaya Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 120 orang diambil 20 % dari total petani yang ada di lokasi tersebut sehingga petani yang menjadi responden adalah sebanyak 24 petani sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Besarnya biaya total pada usahatani jagung hibrida di Desa Lengkongjaya Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya Rp 10.204.400 per hektar per satu kali musim tanam. Sedangkan penerimaannya adalah Rp 27.000.000 per hektar per satu kali musim tanam, diperoleh dari hasil panen jagung hibrida 6.000 kilogram per hektar dengan harga Rp 4.500/kg. Besarnya pendapatan pada jagung hibrida di Desa Lengkongjaya Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya adalah Rp 16.795.600 per hektar per satu kali musim tanam. Besarnya R/C pada usahatani jagung hibrida di Desa Lengkongjaya Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya adalah 2,47. Setiap pengeluaran biasa Rp 1,00 maka petani jagung hibrida akan mendapat penerimaan Rp 2,47 sehingga petani jagung hibrida memperoleh keuntungan Rp 1,47. Dengan demikian, usahatani jagung hibrida di Desa Lengkongjaya Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya layak untuk diusahakan, pendapatan per tahun usahatani jagung hibrida sebesar Rp 10.397276,10 yang tingkat kontribusi usahatani jagung hibrida sebesar 3,82% terhadap pendapatan keluarga dan tergolong pada kategori kecil, karena usahatani jagung hibrida di Desa Lengkongjaya hanya ditanam dua kali dalam se tahun. (2) Distribusi pendapatan rumah tangga petani jagung hibrida di Desa Lengkongjaya berada pada ketimpangan tinggi, dengan indeks Gini Rasio Sebesar lebih dari 0,05 ini berarti pendapatan diantara rumah tangga petani jagung hibrida tidak merata.Kata kunci : Distribusi, Indeks Gini, Pendapatan Rumah Tangga.

Keywords


Distribusi, Indeks Gini, Pendapatan Rumah Tangga.

References


Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

BPP Kecamatan Cigalontang. 2022. Laporan Tahunan. Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya.

Hartono, Jogiyanto. 2014.” Metode Penelitian Bisnis”. Edisi Ke-6. Yogyakarta.Universitas Gadjah Mada.

Marini, I.A.K. 2013. Struktur dan Distribusi Pendapatan Rumah Tangga Nelayan Di Kota Mataram.

Nurcahya, A. R. I., Noor, T. I., & Novianty, A. 2022. Analisis Pendapatan Usahatani Jagung Pada Lahan Kering. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh.

Rifani, R., M. F. L. Sondakh dan G. A. J. Rumagit. 2022. Analisis Pendapatan Usahatani Jagung Berdasarkan Kepemilikan Lahan Di Desa Sangkub Iii Kecamatan Sangkuub Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jurnal Transdisiplin Pertanian (Budidaya Tanaman, Perkebunan, Kehutanan, Peternakan, Perikanan), Sosial dan Ekonom. 18(2) 321 – 328.

Soekartawi, 2013. Faktor-faktor produksi. Salemba empat. Jakarta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung : Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i2.12110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: