TINGKAT KEPUASAN PETANI DALAM KEGIATAN PENYULUHAN PERTANIAN di Desa Cidagaleun Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya

Heriyanto Heriyanto, Sudrajat Sudrajat, Iwan Setiawan

Abstract


ABSTRAK Kemajuan teknologi dan komunikasi menjadi fasilitas pendukung dalam menjalankan layanan penyuluhan semakin berkualitas, sehingga dapat meningkatkan kepuasan petani. Tingkat kepuasan petani dalam melaksanakan kegiatan penyuluhan merupakan salah satu cara pengukuran dimensi kualitas jasa layanan penyuluh dalam melaksanakan kegiatan penyuluhan pertanian.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan petani dalam kegiatan penyuluhan pertanian di Desa Cidugaleun Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya.  Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif.  Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder.  Sampel penelitian sebanyak 85 orang petani yang ditarik dengan teknik simpel random sampling menggunakan rumus Slovin.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Tingkat kepuasan petani dalam kegiatan penyuluhan pertanian dilihat dari dimensi kualitas jasa layanan penyuluh berada pada kategori puas atau para petani merasa puas terhadap kualitas jasa layanan yang diberikan oleh penyuluh dalam melaksanakan kegiatan penyuluhan pertanian, dan 2). Tingkat kepuasan petani dalam kegiatan penyuluhan pertanian dilihat dari masing-masing dimensi, semuanya menunjukkan tingkat kepuasan yang sama yaitu berada pada kategori puas, dengan persentase capaian untuk masing-masing dimensi : a) tangible 94,12 %, b) reliability 56,47 %, c) responsiveness 50,59 %, d) assurance 100 %, dan e) empathy 100 %.Kata kunci  : Kepuasan petani, kegiatan penyuluhan pertanian, dimensi kualitas.

Keywords


Kepuasan petani, kegiatan penyuluhan pertanian, dimensi kualitas.

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arista, R. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja. Jurnal Mitra Manajemen, 4(7), 1074–1087. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i7.435.

Darmawati, D. 2019. Kepuasan Petani Terhadap Pelayanan Penyuluh Pertanian Dalam Aktivitas Penyuluh Pertanian Di Kabupaten Banyuasin (Kasus Kelompok Tani Di Kecamatan Makarti Jaya).

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Tarsito. Bandung.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i2.12113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: